Pemkab Mukomuko Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Tenaga Perpustakaan

Pemkab Mukomuko Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Tenaga Perpustakaan

--

RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga perpustakaan dan pustakawan di Hotel Bumi Batuah, Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, Kamis (01/09/2022). 

Bimtek untuk mewujudkan petugas perpustakaan dan pustakawan yang profesional, berkemampuan dalam mengelola perpustakaan tersebut dibuka oleh Asisten III Setdakab Mukomuko, Edi Kasman, SH. Sementara, materi Bimtek disampaikan oleh Pustakawan Madya Provinsi Bengkulu, Tony Hartono, S.Sos.

Dalam sambutannya, Edi Kasman, SH menyampaikan, bahwa perpustakaan dibentuk dalam satu kesatuan organisasi dan dalam eksistensinya diatur berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. 

Berdasarkan aturan tersebut, pada Pasal 29 ayat 1, kata Edi, juga mempertegas mengenai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) tenaga perpustakaan. Dimana, tenaga perpustakaan mengatur secara teknis non pustakawan.  


Edi Kasman, SH--

Perlu disampaikan juga, tujuan dari UU Nomor 43 Tahun 2007 tetang Perpustakaan ini dibuat, untuk menjamin keberlangsungan dan keberdayaan perpustakaan secara merata, optimal dan profesional. 

‘’Maka dari itu, melalui Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan wawasan kepada petugas perpustakaan, baik di desa maupun di instansi pemerintahan untuk mengetahui tugas dari masing-masing tenaga perpustakaan dan pustakawan,’’ ungkap Edi Kasman. 

Selain peningkatan kapasitas SDM petugas perpustakaan, perlu diperhatikan juga tentang peningkatan minat baca masyarakat. Menurut Edi Kasman, Dinas Perpustakaan sebagai leading sektor peningkatan minat baca, harus lebih proaktif membangun kerjasama dengan dinas instansi, pemerintahan desa dan sekolah-sekolah. 

‘’Kepada Dinas Perpustakaan, bangun kecintaan terhadap minat baca masyarakat. Jalin kerjasama dengan berbagai pihak. Terutama kalangan pelajar TK, SD dan SMP, ajak pihak sekolah kerjasama untuk mengarahkan murid-murid mereka mengunjungi dan membaca buku di perpustakaan,’’ pintanya.

Selain itu, pengembangan bidang infrastruktur perpustakaan juga patut menjadi perhatian bersama. Masing-masing desa juga harus memikirkan kemajuan untuk sarana dan prasarana perpustakaan desa. 

‘’Desa memiliki ruang perpustakaan, untuk pengembangannya perlu dipikirkan secara bersama. Pemerintah desa juga fokus dalam mengembangkan perpustakaan yang telah dimiliki. Yang terpenting lagi, perlu dikoordinasikan soal regulasinya, agar perpustakaan desa bisa tumbuh dan maju,’’ paparnya. 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko, Jodi, S.Pd menyampaikan, kegiatan Bimtek untuk peningkatan kapasitas SDM tenaga perpustakaan ini, diharapkan dapat menumbuhkembangkan fungsi perpustakaan kedepan. Menurut Jodi, melalui Bimtek ini, petugas perpustakaan dapat memahami tugas dan fungsi masing-masing. Setelah mereka memahami Tupoksi, diharapkan tata kelola perpustakaan desa dapat berjalan baik. Kemudian, melalui Bimtek ini, petugas perpustakaan juga diberikan pemahaman tentang tata cara  peningkatan minat baca masyarakat. 

‘’Bimtek ini untuk memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi petugas perpustakaan. Selain itu, juga memberikan pemahaman kepada peserta agar mereka mampu meningkatkan minat baca masyarakat di wilayah desa masing-masing,’’ ujarnya. (nek/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: