Distan Mukomuko ingin Kembangkan Sorgum di 11 Kecamatan

Distan Mukomuko ingin Kembangkan Sorgum di 11 Kecamatan

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.com – Agaknya Dinas pertanian (Distan) Mukomuko, serius ingin mengembangkan budidaya tanaman Sorgum. Buktinya kemarin, dengan menggandeng PT.Sorgum Indonesia Grup (SIG), kumuditi ini mulai disosialisasikan dan uji coba.

 Jenis tanaman yang sudah cukup dikenal masyarakat ini, dinilai cocok dengan kondisi tanah dan iklim di Mukomuko.

Kadis Pertanian Mukomuko, Apriansyah,ST,MT mengatakan sorgum merupakan kumuditi yang memiliki nilai jual cukup bagus dan cocok dengan kondisi Kabupaten Mukomuko. 

Sebab sorgum merupakan bahan baku untuk berbagai produk dan juga bahan pangan. Maka kemarin beberapa kelompok tani dari 11 kecamatan dihadirkan untuk mendalami tata cara pengembangan tanaman ini.

Direktur PT. Sorgum Indonesia grup, M.M.H Sultan Caniago dalam pemaparannya dihadapan kelompok tani, menyampaikan banyak hal terkait dengan tata cara bertani sorgum dan potensinya. Proses cocok tanam Sorgum tidaklah sulit.

 Ia juga menjelaskan sorgum satu kali tanam bisa tiga kali panen dengan hasil bisa mencapai ratusan juta untuk satu hektarenya. Selain buhanya, batang sorgum juga dipanenkan untuk dijual.

‘’Hasil dari setiap hektare sorgum jauh lebih bagus dari komuniti lain, karena satu kali tanam bisa tiga kali panen dan batang sorgum juga dijual,’’ katanya.

Terkait dengan penjualannya sendiri, tidak perlu ragu karena berapapun adanya PT.Sorgum indonesia siap membelinya dengan harga yang menguntungkan. Karena perusahaannya bukan saja bergerak disektor pertanian tapi juga memproduksi berbagai produk berbahan sorgum.

‘’Sorgum hidup dan berkembangnya sangat mudah, maka tidak ada ruginya, terkait bibit perusahaan kami menyediakan bibit dengan cukup baik,’’ tutupnya.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: