Danau Nibung, Kota Praja Desa Wisata

Danau Nibung, Kota Praja Desa Wisata

Danau Nibung Mukomuko--

AIR MANJUTO, RADARMUKOMUKO.com - Desa Kota Praja, Kecamatan Air Manjuto, didorong untuk menjadi desa wisata karena memiliki potensi keindahaan dan budaya. Pasalnya, desa tersebut berada di dekat salah satu destinasi wisata yakni Danau Nibung yang dikenal dengan objek wisata andalan Kabupaten Mukomuko. Hal ini disampaikan Camat Air Manjuto, Sugiyanto, S.Pd saat ditemui kemarin, Kamis (21/7). Ini ia sampaikan karena pemerintah ingin desa di daerah ini, khususnya di Kecamatan Air Manjuto menjadi desa wisata. Untuk itu pemerintah desa diminta dapat mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk menjadi desa wisata. Tak hanya itu, kata Sugiyanto, Kota Praja juga memiliki keindahan alam lainnya sehingga dapat menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini. Selain danau, di Kota Praja juga terdapat wisata alam seperti persawahan yang bisa di olah menjadi wisata alam. 

''Kami terus berkolaborasi dengan instansi terkait dan pendamping desa untuk mengembangkan desa wisata. Masing-masing desa memiliki daya tarik dan potensi wisata alam yang mengagumkan, terkhususnya di wilayah Air Manjuto,'' ujar Sugiyanto. 

Sambungnya, selama ini pemerintah desa dinilai mengabaikan akannya potensi yang ada di desa. Karena sebagian wisata Danau Nibung merupakan bagian dari wilayah Desa Kota Praja. Menurutnya sangat disayangkan jika tidak dilirik atau dikelola oleh pemerintah desa. Apalagi desa ini bisa dikatakan tidak ada pemasukan untuk desa atau PADes. Dengan ini pihaknya akan mendorong desa ini menjadi desa wisata, termasuk desa lainnya yang ada di Air Manjuto ini. Hanya saja, kata Sugiyanto, pengembangan desa wisata masyarakat harus sepenuh hati serta saling bekerja sama. 

''Memang mewujudkan desa wisata tidak bisa dilaksanakan dengan waktu singkat, karena ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan. Untuk itu, pemerintah desa bersama masyarakat harus memiliki kesepahaman, pemikiran, serta kebersamaan dalam membangun pariwisata di desa ini. Pasalnya, masyarakat akan menjadi faktor penentu pengembangan desa wisata,'' kata Sugiyanto.

Sementara itu, Kades Kota Praja, Parji, menyatakan pemerintah desa siap menggali potensi yang ada di desanya. Baik itu potensi wisata, ketahanan pangan maupun potensi lainnya. Dimana pihaknya sudah mempetakan potensi yang ada di desa untuk dikembangkan. Dengan ini pihaknya juga berharap dorongan dari pemerintah daerah, baik itu Disparpora, Kecamatan maupun masyarakat desa ini sendiri. Untuk saat ini pihaknya tengah fokus menyelesaikan kegiatan yang di biayai oleh Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2022 ini.

''Sebenarnya ini sudah kami wacanakan, hanya saja belum dapat kita laksanakan. Kami juga berharap dapat terus bekerja sama dengan pemerintah baik di kabupaten, provinsi serta pusat dalam mengembangkan desa kami,'' jelas Parji. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: