Parpol Mulai Gerilya Cari Anggota

Parpol Mulai Gerilya Cari Anggota

KPU Mukomuko--

Jelang Pendaftaran Parpol ke KPU

MUKOMUKO. RADARMUKOMUKO.com – Seiring dengan dimulainya tahapan menuju pemilu serentak 2024, pengurus Partai politik (Parpol) mulai bergerilya menyusun kepengurusan dan keangggotaan parpol. Setiap Parpol minimal memiliki anggota satu per seribu dari jumlah penduduk sebagai syarat untuk mendaftar dan lolos sebagai peserta pemilu. Adapun pendaftaran parpol dimulai 29 juli mendatang di KPU RI. Bersamaan dengan itu KPU dan Bawaslu juga mulai menyusun strategi untuk menciptakan pemilu yang berkualitas.

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Mukomuko, Armansyah,ST mengakui sekarang sedang melakukan evaluasi keanggotaan dan termasuk pengurus, karena diminta oleh DPP untuk mendaftaran Parpol. Walau Gerindra merupakan Parpol besar dan memiliki parlemen di pusat hingga daerah, namun tetap harus memenuhi syarat yang diminta. Yaitu keanggotaan minimal 1 perseribu jumlah penduduk dan terdaftar di seluruh provinsi serta menimal di 75 persen kabupaten kota.

‘’Kalau ketentuannya parpol baru dan parpol yang memiliki parlemen sama, hanya saja untuk partai besar yang memiliki parlemen resort tidak dilakukan verifikasi vaktual, seperti partai baru. Kalau untuk Mukomuko minimal kita memiliki 200 orang anggota untuk lolos verfikasi,’’ katanya.

Ketua KPU Mukomuko, Irsyad Kamarudin diminta keterangannya mengatakan, sebelumnya KPU sudah bersurat ke Parpol yang diketahui kepengurusan dan keberadaannya terkait dimulainya tahapan dan semua diminta bersiap menghadapi verifikasi parpol. Pendaftaran parpol di KPU pusat, daerah sebatas memferivikasi sesuai data dari pusat. Untuk parpol baru yang sudah masuk ke Mukomuko belum diketahui secara pasti, namun sesuai data dari Kesbangpol baru ada tiga parpol, yaitu Partai Buruh, Partai Umat dan Partai Gerlora.

‘’KPU daerah sifatnya menunggu perintah dari KPU RI, proses pendaftaran seluruhnya di KPU RI. Nanti sesuai dengan surat dari pusat, KPU akan memferifikasi partai yang ada di Mukomuko,’’ tuturnya.

Ketua Bawaslu Mukomuko, Padlul Azmi,SH juga mengakui untuk tahapan sudah berjalalan, sekarang pihaknya tengah menyusun persiapan pengawasan, salah satunya untuk penetapan Gakumdu. Dimana kemarin pihaknya telah koordinasi ke kejaksaan dan kepolisian untuk penyusunan calon anggota Gakumdu pemilu 2024. Tugas Bawaslu adalah pengawasan setiap tahapan, baik terhadap penyelenggara maupun peserta pemilu.

‘’Seiring dengan tahapan sudah dimulai, maka kita dari Bawaslu tentu juga mulai melakukan pengawasan, untuk terciptanya pemilu yang berkualitas,’’ tutupnya.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: