Harga TBS Naik Tipis

Harga TBS Naik Tipis

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.com – Setelah mengalami fase penurunan terus menerus, Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di sebagian besar pabrik mengalami kenaikan tipis. Kenaikan ini sendiri informasinya dipengaruhi oleh kenaikan harga Crude Palm Oil (CPO). Selain itu informasinya kegiatan penjualan CPO oleh pabrik juga berangsur lancar, termasuk kegiatan ekspor CPO ke luar juga sudah mulai lebih leluasa.

Salah seorang petinggi pabrik PT.MMIL Daniel Sianturi dihubungi mengakui ada kenaikan harga beli buah di pabriknya sekitar Rp 50 per-kg. Penyebab kenaikan menurutnya karena ada kenaikan harga CPO. Juga ia mengakui proses penjualan CPO sendiri sudah berjalan, dimana MMIL menjual CPO ke PT. Wilmar Nabati Indonesia.

‘’Kalau pastinya saya tidak tahu karena itu dibagian pemasaran, tapi kenaikan dan penurunan harga selalu dipengaruhi oleh harga CPO, juga penjualan CPO itu sendiri,’’ katanya.

Kepala Dinas Pertanian Mukomuko, Apriansyah,ST,MT dihubungi juga mengakui sesuai dengan data yang dikirim masing-masing pabrik, ada kenaikan hingga Rp 100 per-kg. Berdasarkan informasi juga diakuinya saat ini harga CPO global mengalami kenaikan.

‘’Sesuai data yang masuk ada kenaikan harga TBS hingga Rp 100 per-kg,’’ kata Apriansyah.

Lanjutnya, mudahan saja harga terus beranjak naik, karena pemerintah sudah membuka kran ekspor seluas-luasnya. Juga penjualan CPO diperkirakan sudah berangsur normal. Pemerintah daerah dalam hal ini terus berupaya supaya petani sawit bisa terbantu.

‘’Mudah-mudahan saja terus mengalami kenaikan, pemerintah daerah juga terus berjuang di pusat untuk membantu petani,’’ tutupnya.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: