272 Siswa SMAN 1 Mukomuko Terapkan MPLS

272 Siswa SMAN 1 Mukomuko Terapkan MPLS

--

RADARMUKOMUKO.COM – Sebanyak 272 siswa baru SMAN 1 Mukomuko melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah(MPLS). Uniknya MPLS kali ini, siswa tidak hanya mengenal tata tertib, lingkungan dan aturan sekolah. Tapi juga belajar menjalin komunikasi secara langsung dengan warga sekolah. Mulai dari penjaga sekolah, dewan guru, TU, hingga kepala sekolah.

Hal itu dilakukan untuk mendidik siswa agar lebih mengenal dan lebih akrab dengan tenaga pendidik dan kependidikan. Hal ini berkaca dari 2 tahun terakhir di masa pandemi covid-19. etika dan attitude siswa sangat yang minus terhadap dewan guru. Baik cara bicara, komunikasi antar siswa dan komunikasi antara siswa dan dewan guru yang sangat memprihatinkan. Sehingga penerapan komunikasi antar warga sekolah akan sangat membantu tenaga pendidik tersebut.

Kepala SMAN 1 Mukomuko Dra.Siti Indiyarti,M.TPd melalui Waka Kesiswaan M.Ampera,SE.MM mengatakan tahun ajaran kali ini merupakan pertama kali mengadakan MPLS secara tatap muka usai pandemic covid-19. Materi MPLS tetap diajarkan seperti tahun sebelumnya hanya saja 

siswa dikasih PR untuk menjalin komunikasi dengan warga sekolah. kedepan siswa tidak ada lagi yang tidak kenal dengan guru mata pelajaran dan guru kependidikan. 

‘’Program itu sengaja kami bentuk karena kami selaku dewan guru ingin membentuk karakter siswa menjadi anak yang memiliki good attitude. Kami sudah merasakan sendiri selama belajar secara online kurangnya pemahaman, etika dan attitude siswa dengan dewan guru. Salah satu contoh siswa kurang memahami cara berbicara yang sopan dan bertutur kata yang baik dengan guru. Jika hal tersebut kita biarkan maka akan ia bawa ke kehidupan bermasyarakat,’’kata Ampera.

Ditambahnya, selama masa MPLS siswa kelas XI dan kelas XII tetap sekolah seperti biasa. Dalam penutupan MPLS juga diadakan lomba memasak antar rombongan belajar(rombel) dan lomba yel.

Ia berharap, usai MPLS tidak ada lagi siswa yang tidak mengenal dengan dewan guru. Serta karakter anak dapat terbentuk didalam sekolah maupun diluar sekolah.

‘’kita berharap MPLS dapat dilaksanakan lebih baik, serta karakter siswa akan menjadi lebih baik,’’tutup Ampera.(Njw)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: