Jumlah Hewan Kurban Kecamatan Lupi Sudah 93 Ekor

Jumlah Hewan Kurban Kecamatan Lupi Sudah 93 Ekor

Ilustrasi--

LUBUK PINANG, RADARMUKOMUKO.com - Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya kurban dua hari lagi. Hingga H -2 menjelang hari raya Idul Adha.  Jumlah kurban  di kec. Lubuk  Pinag sebanyak  93 ekor.

Jumlah tersebut berdasarkan laporan dari segenap panitia kurban atau desa yang tersebar di 7 desa di Kecamatan Lubuk Pinang.

Seperti disampaikan oleh Kepala KUA Kecamatan Lubuk Pinang, Zainal Harobin, S.Sos.I, bahwa panitia atau pihak desa harus melaporkan jumlah hewan kurban di wilayahnya.

Dengan tujuan pihaknya bisa mengetahui bahwa hewan kurban tersebut sudah di vaksin atau bebas dari PMK.

''Kalau bisa menjelang Idul Adha maupun sesudah Idul Adha panitia melaporkan jumlah hewan kurban.  Apalagi saat ini wabah PMK sudah mulai masuk ke daerah kita, jadi sangat perlu adanya laporan dari panitia atau pihak desa,'' ujar Zainal.

Dikatakannya, dengan diterimanya laporan jumlah hewan kurban tersebut,  kemungkinan akan bertambah jumlahnya. Karena masih ada waktu dua hari lagi menjelang Idul Adha. Untuk itu diharapkan pemerintah desa ataupun panitia kurban proaktif dapat melapor jumlah hewan yang dikurbankan ke KUA.

Untuk data jumlah hewan kurban terbanyak sementara di Desa Lubuk Pinang sebanyak 29 ekor. Kemudian Desa Ranah Karya sebanyak 21 ekor, Lubuk Gedang 16 ekor, dan Sumber Makmur 10 ekor. Selanjutnya di Desa Arah Tiga 10 ekor, Tanjung Alai sebanyak 5 ekor dan Desa Suka Pindah 2 ekor.

''Dari total 93 ekor hewan kurban ini, semuanya berupa sapi. Sedangkan hewan kurban jenis kerbau, kambing ataupun domba sementara ini belum ada .(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: