Desa Gading Jaya Gelar Pelatihan Kinerja Perangkat dan BPD

Desa Gading Jaya Gelar Pelatihan Kinerja Perangkat dan BPD

--

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Gading Jaya Kecamatan Sungai Rumbai, gelar pelatihan khusus untuk BPD dan perangkat desa. Dalam kegiatan itu Pemdes Gading Jaya menghadirkan empat narasumber. 

Yaitu perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, perwakilan dari kecamatan dan perwakilan dari tenaga pendamping desa dan perwakilan daru Polsek Sungai Rumbai.

 Narasumber dalam kegiatan itu membedah dan mengevaluasi kinerja jajaran perangkat desa dan kinerja anggota BPD. Diantaranya yaitu masalah penertiban surat menyurat.

Mulai dari surat keluar dan surat masuk. Kemudian terkait kedisiplinan jam kerja jajaran perangkat desa, lembaga BPD, lembaga adat dan lain sebagainya.

Camat Sungai Rumbai, Rudi Hartono, SH dalam kesempatan itu mengatakan, melalui pelatihan ini pihaknya berharap, kedepan kinerja Kepala Desa (Kades) serta jajaran perangkatnya bisa lebih baik. Terutama masalah kedisiplinan jam masuk kerja. 

Hari kerja Kades dan perangkat desa sama dengan jam kerja Aperatur Sipil Negara (ASN). Yaitu Senin sampai Jumat kecuali tanggal merah. Kemudian khusus untuk BPD harus bekerja sesuai dengan Tupoksi.

 Pihaknya berharap BPD dan perangkat desa bersinergi. "Kantor desa jangan sampai tutup pada saat jam kerja. Karena jajaran Pemdes merupakan pelayan masyarakat. Di samping itu Pemdes juga bersentuhan langsung dengan masyarakat. Jadi jangan sampai mempersulit urusan masyarakat," kata Rudi.

Sambungnya, selama ini kinerja jajaran Pemdes Gading Jaya sudah bisa dikatakan cukup baik. Namun perlu ada peningkatan. Salah satunya yang harus dibenahi yaitu masalah tertib administrasi. Seperti surat masuk dan surat keluar. Penomoran surat dan kode surat harus benar.

 "Masalah surat menyurat harus diperbaiki. Selama ini masih banyak ditemukan penulisan surat yang kurang pas dan tidak sesuai. Dalam hal ini Sekdes harus memahami betul tetang tata cara membuat surat yang baik dan benar.

 Desa harus punya arsip surat masuk dan surat keluar," imbuhnya.

Sementara Kades Gading Jaya, Azwardi, H mengatakan, melalui pelatihan ini jajaran perangkat desa bisa bekerja lebih maksimal untuk menjalankan tugas sebagai seorang perangkat desa dan sebagai BPD.

 Dalam pelatihan ini narasumber menyampaikan tugas pokok dan fungsi perangkat desa dan BPD. Sebagai Kades berharap setelah pelatihan ini, kedepan kinerja perangkat dan BPD ada perubahan.

 "Kita harus bersinergi untuk membangun desa gading jaya ini. Kades tidak bisa bekerja tanpa ada dukungan dari perangkat desa, BPD dan masyarakat. Kemudian saya harap jajaran perangkat desa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Karena kita adalah pelayan masyarakat," tambahnya.(ide)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: