RPJMDes Diminta Mengacu Dengan Visi dan Misi Bupati

RPJMDes Diminta Mengacu Dengan Visi dan Misi Bupati

--

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.com - Pemerintah Desa (Pemdes) diminta percepat penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Penyusunan RPJMDes tersebut harus mengacu dengan visi dan misi Bupati Mukomuko. Hal tersebut disampaikan Camat Sungai Rumbai, Rudi Hartono, SH dalam acara pelatihan perangkat desa dan BPD di Desa Gading Jaya Selasa,(5/7) kemarin. Selain menyusun RPJMDes sekarang desa juga diminta merancang penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran (TA) 2023 mendatang.

Menurut Rudi, sekarang ini Kades serta jajaran perangkatnya harus bekerja ekstra. Karena banyak kegiatan yang harus segera direalisasi. Mulai dari penyaluran BLT-DD, merealisasikan program ketahanan pangan, merealisasikan kegiatan fisik, merealisasi dana 8 persen untuk pencegahan Covid-19. "Perangkat desa harus kerja ekstra. Saat ini desa harus sudah mulai menyusun APBDes perubahan. Di samping itu banyak kegiatan lain yang harus direalisasikan," kata Rudi.

Khusus untuk desa Gading Jaya, saat ini belum mulai merealisasikan kegiatan fisik. Pihaknya dari kecamatan minta Desa Gading Jaya segera mengajukan pencairan tahap II. Karena anggaran kegiatan fisik ada ditahap II. Jangan sampai akhir tahun nanti kegiatan fisik belum selesai 100 persen. Kalau bisa sekarang ini kegiatan fisik sudah mulai dilaksanakan. Karena dalam merealisasikan kegiatan fisik tidak menutup kemungkinan ada kendala. Mulai dari cuaca hingga kendala sosial. "Kita harap semua desa melakukan percepatan realisasi APBDes. Desa harus menarget sebelum akhir tahun semua kegiatan sudah selesai 100 persen," tutup Rudi.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: