Direksi BUMD Mukomuko Tinggal Menunggu Penetapan

Direksi BUMD Mukomuko Tinggal Menunggu Penetapan

--

RADARMUKOMUKO.COM – Tahapan seleksi bagi calon Direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Mukomuko telah berakhir hari ini, Senin (04/07/2022).

Hal ini disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Mukomuko, Yuli Yarman, STP, MeC.Dev ketika ditemui di kantornya, Senin siang.

‘’Seleksi calon direksi BUMD, baik untuk direksi Bank Perkreditan Rakyat maupun direksi PDAM Tirta Selagan, sudah berakhir. Terakhir hari ini, tes wawancara secara zoom metting dengan Bupati Mukomuko selaku pemegang saham,’’ ungkap Yuli Yarman.

Seleksi wawancara akhir ini, diikuti oleh 1 orang calon Direksi PDAM Tirta Selagan atas nama Sondri Kasnaldi, SS. Kemudian 2 orang calon Dewan Pengawas Perumda BPR Mukomuko, Agustapria, M.Hum dan Aryanto, SE dan 1 orang calon Direksi Perumda BPR Guspar SE.

Dijelaskan Yuli Yarman, khusus untuk calon Direksi PDAM Tirta Selagan, tidak ada kendala lagi. Tinggal menunggu persetujuan Bupati Mukomuko untuk penetapan. Namun untuk Dewan Pengawas dan Direktur BPR, sebelum penetapan akan disampaikan terlebih dahulu ke pihak Jasa Otoritas Keuangan (OJK). 

‘’Untuk PDAM, tinggal menunggu persetujuan bupati. Sementara untuk dewan pengawas dan calon Direktur BPR, sebelum ditetapkan akan diajukan terlebih dahulu kepada pihak OJK. Penetapan oleh bupati setelah mendapat persetujuan dari OJK,’’ imbuhnya.

Khusus untuk direksi BUMD PT. Mukomuko Sejaktera (MMS), pada saat pendaftaran dibuka tidak diminati atau nihil pelamar. Berkaitan dengan hal ini, pihaknya akan kembali membuka peluang pendaftaran untuk beberapa bulan kedepan.

‘’Pada APBD perubahan nanti, kita kembali mengajukan anggaran untuk seleksi bagi calon direksi PT. MMS. Dimana, tahap seleksi ini belum ada peminat,’’ paparnya.

Terpisah, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Mukomuko, Drs. H Bustari Maler, M.Hum menjelaskan bahwa seleksi calon direksi BUMD Mukomuko telah dilaksanakan sejak dua bulan terakhir.

Dari sejumlah pelamar, 12 orang diantaranya dinyatakan lulus administrasi dan berhak melanjutkan ke tahap Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK). Berdasarkan hasil seleksi UKK, 4 orang diantaranya berhasil melanjutkan seleksi ke tahap wawancara akhir dengan Bupati Mukomuko selaku pemenang saham BUMD.

‘’UKK bagi calon direksi BUMD ini melibatkan unsur pemerintah daerah, akademisi dan unsur masyarakat. Hasil UKK, 4 orang dinyatakan lulus dan lanjut ke tahap wawancara akhir dengan Bupati selaku pemegang saham. Dan itu juga telah dilaksanakan hari ini. Untuk sementara ini, masing-masing calon baik direksi dan dewan pengawas BPR maupun Direksi BUMD tinggal menunggu keputusan kepala daerah. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah dapat diketahui hasilnya,’’ demikian Bustari.  (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: