Puluhan Pahlawan Kebersihan Mukomuko Dijamin Asuransi

Puluhan Pahlawan Kebersihan Mukomuko Dijamin Asuransi

MUKOMUKO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko beri jaminan asuransi ketenagakerjaan kepada 41 orang  pahlawan kebersihan atau biasa disebut pasukan kuning yang melaksanakan aktivitas kerja dibawah kendali Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Mukomuko.

Kartu asuransi PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda yang berlaku dalam masa kerja 1 tahun tersebut, diserahkan langsung oleh Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA bersama Wakil Bupati, Wasri di Kantor Dinas LH Mukomuko, Kamis (6/5).

Seiring penyerahan kartu asuransi, Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko pada kesempatan ini juga  membayarkan gaji para pasukan kuning masa kerja Maret-April secara simbolis. Tidak hanya itu, para pasukan kuning juga mendapat kejutan lain, berupa bingkisan spesial menyambut lebaran Idul Fitri 1442 H.

Dalam sambutannya, Bupati Sapuan menyampaikan terimakasih besarnya-besarnya kepada seluruh petugas kebersihan yang telah bekerja untuk daerah selama ini. Menurut Sapuan, peran pasukan kuning bagi Mukomuko tidak lah kecil. Oleh sebab itu, sudah semestinya Pemkab Mukomuko memberikan perhatian kepada petugas kebersihan. Salah satu yang dapat direalisasikan tahun ini yaitu asuransi bagi petugas kebersihan.

Selain itu, bupati juga menaruh harapan dan motivasi kerja terbaik dari para pasukan kuning. Sebaliknya, ia berjanji secara bertahap memikirkan bentuk tunjangan lain sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan para petugas kebersihan di daerah ini.

''Kedepan, untuk pembayaran gaji kami berupaya dapat dibayar secara rutin setiap bulan. Mari tingkat kinerja dan berikan yang terbaik untuk daerah, '' sampai Sapuan.

Dilain sisi, Bupati Sapuan juga senantiasa mengingatkan kepada para pasukan kuning untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap menjaga kesehatan serta keselamatan dalam menjalani aktivitas kerja.

''Disamping dituntut maksimal, tetap jaga kesehatan. Patuhi protokol kesehatan. Ingat, jangan boros, manfaatkan gaji untuk hal-hal yang bermanfaat,'' ujar Sapuan sembari disambut senyum kebahagian para pasukan kuning.

Plt Kadis LH Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si menerangkan, tahun ini tersedia anggran di Dinas LH untuk membiayai asuransi bagi 41 pasukan kuning. Dana tersedia sekitar Rp 12,3 juta yang bersumber dari APBD Mukomuko Tahun 2021.

"Preminya Rp 300 ribu per orang selama setahun. Jumlah pasukan kuning kita 41 orang. Segitu lah anggran-nya," ungkap Abdiyanto.

Adapun manfaat atau jaminan yang bisa diterima oleh para pemegang kartu yaitu. Pertama, jika meninggal akibat kecelakaan, bisa menerima uang pertanggungan sebesar Rp 20 juta, jika mengalami cacat tetap akibat kecelakaan juga mendapat uang pertanggungan Rp 20 juta.

Kemudian, meninggal dunia biasa bakal mendapat pertanggungan sebesar Rp 10 juta. Pemegang kartu juga bisa mendapat biaya pengobatan akibat kecelakaan sebesar Rp 2 juta.

 "Untuk perlindungan ini, kita menggandeng PT. Asuransi Umum Bumiputra Muda," demikian Abdiyanto. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: