Tim Gugus, Cek Protokol Kesehatan di Desa

Tim Gugus, Cek Protokol Kesehatan di Desa

METRO – Sejak beberapa hari ini, tim gugus tugas COVID-19 turun ke kecamatan dan desa untuk memantau penerapan aturan protokol kesehatan oleh masyarakat. Sekaligus tim juga melakukan penilaian terhadap desa terkait kepatuhan akan aturan pencegahan penyebaran virus corona yang hingga kini masih meneror dunia. Desa dengan kepatuhan tinggi berpeluang dijadikan desa percontohan.

Disampaikan kepala sekretariat tim gugus tugas COVID-19 yang juga Sekda Mukomuko, Drs. Marjohan sementara tim sudah mendatangi enam kecamatan, yaitu Malin Deman, Air Rami, Ipuh, Sungai Rumbai, Pondok Suguh dan Teramang Jaya. Berikutnya akan terus disasar seluruh kecamatan. Targetnya minggu depan sudah selesai, berikutnya menyesuaikan data yang dilaporkan desa dan kecamatan dengan hasil tim turun ke lapangan.

‘’Saya langsung turun bersama tim, kalau ada kesempatan pak bupati  juga turun. Kita melihat seperti apa kesiapan dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan untuk terhindar dari virus ini,’’ kata Sekda.

Lanjutnya, dalam kegiatan ini tim gugus tidak sebatas memantau dan menilai, tapi juga melaksanakan sosialisasi pada masyarakat terkait dengan kehidupan new normal. Mau tidak mau harus hidup berdampingan dengan Covid-19 mesti disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hasil tim turun, memang perlu peningkatan kesadaran warga, terutama saat beraktivitas di luar.

‘’Kita sekaligus menyampaikan sosialisasi pada masyarakat terkait tata cara hidup berdampingan dengan covid-19. Disiplin menerapkan protokol kesehatan wajib. Tim gugus terdiri dari pemerintah daerah, kepolisian dan TNI,’’ ungkapnya.

Masih dijelaskan Sekda, hal-hal penting diterapkan yaitu menggunakan masker saat bepergian, tetap jaga jarak sesama serta rutin mencuci tangan setelah beraktivitas. Penerapan new normal bukan berarti saat ini persoalan Covid-19 sudah selesai, ancaman virus masih terus terjadi, hal ini terlihat dari peningkatan data warga terpapar  di berbagai daerah. Mukomuko masih zona hijau, ini harus dipertahankan.

‘’Aktivitas masyarakat tetap jalan, penetapan protokol kesehatan harus disiplin, sehingga zona hijau terus dipertahankan,’’ tutupnya. (jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: