Distan Akui Vaksinasi HPR Belum Efektif

Distan Akui Vaksinasi HPR Belum Efektif

IPUH - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko menilai program vaksinasi Hewan Penular Rabies (HPR). Dengan dilaksanakan oleh sejumlah petugas kesehatan hewan tingkat Kecamatan belum berjalan efektif akibat wabah Covid – 19. Hal ini diakui Kepala Distan Mukomuko, Heri Prasetyono, ST, TP melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Warsiman, S.Pt. Dijelaskan Warsiman, tahun ini Distan mendapat bantuan dari Provinsi sebanyak 2.200 dosis vaksin untuk mencegah terjadinya rabies pada hewan penular rabies peliharaan masyarakat.

‘’Dengan ada wabah Covid – 19 pemberian vaksinasi hewan penular rabies belum efektif. Karena kegiatan petugas di lapangan terbatas, dengan tidak bolehnya mengumpulkan orang banyak dan social distancing,’’ ujar Warsiman.

Meskipun demikian, sebagian petugas peternakan dan kesehatan hewan yang bertugas di pusat kesehatan hewan (Puskeswan) di kecamatan, sudah ada yang mengambil vaksin dan melaksanakan vaksinasi terhadap hewan peliharaan masyarakat. Namun, program vaksinasi hewan penular rabies oleh beberapa petugas peternakan dan kesehatan hewan di daerah ini belum terjadwal seperti sebelumnya. Menurut Warsiman, seharusnya setiap petugas peternakan dan Keswan yang sudah mengambil vaksin membuat jadwal terlebih dahulu sebelum memberikan vaksin. Dengan ini, ia mengakui petugas peternakan dan Keswan tidak bisa lagi membuat jadwal pelaksanaan kegiatan vaksinasi hewan di satu tempat karena tidak boleh mengadakan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak.

‘’Kemungkinan petugas yang datang ke rumah pemilik hewan peliharaan untuk melakukan vaksinasi, untuk mencegah penyakit rabies pada anjing, kucing dan monyet. Semoga saja habis lebaran dan berakhirnya Covid – 19, pemberian vaksin terhadap hewan peliharaan masyarakat bisa efektif,’’ harap Warsiman.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: