Umumnya Pabrik CPO Stop Beroperasi Jum’at

Umumnya Pabrik CPO Stop Beroperasi Jum’at

MUKOMUKO RM – Dalam rangka libur idul fitri 1441 hijriah, pabrik kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko pada umumnya terakhir terima tandan buah segar (TBS) 22 Mei 2020. Sesuai dengan data dari Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko ada 10 pabrik yang telah menyampaikan jadwal pabrik tutup dan penerimaan TBS kembali. Diantaranya PT. Daria Dharma Pratama, PT Bumi Mentari Karya, PT Usaha Sawit Mandiri dan PT Sapta Sentosa Jaya Abadi terakhir terima buah Jum’at 22 Mei. Sedangkan PT Surya Andalan Primatama terakhir buka Kamis 21 Mei, PT Sentosa Sejahtera Sejati dan PT Karya Agro Sawitindo terakhir buka 19 Mei. Selanjutnya PT Gajah Sakti Sawit dan PT Mukomuko Indah Lestari terakhir terima TBS yakni tanggal 20 Mei. Hal ini disampaikan Kepala Distan Mukomuko, Heri Prasetyono, ST, TP melalui Sekretarisnya, Nasuhanto, S.STP.

‘’Sebelumnya kami telah mengirimkan surat ke setiap perusahaan pabrik kelapa sawit di Mukomuko, terkait jadwal tutup dan buka selama libur lebaran. Berdasarkan laporan yang telah disampaikan perusahaan manyoritas terakhir buka tanggal 22 Mei dan tutup tanggal 23 Mei,’’ sampai Nasuhanto.

Lanjutnya, sedangkan jadwal pabrik buka dan menerima TBS bervariasi ada yang sudah buka 27 Mei dan ada juga yang buka 29 Mei. Jadwal buka ini ditentukan pihak perusahaan masing – masing. Terkait dengan harga TBS saat ini, Nasuhanto menyampaikan, harga TBS pertanggal 18 Mei 2020 menyaoritas harga di pabrik di bawah Rp 1.000 per kilo gram.

‘’Masih ada tiga pabrik yang membeli TBS diatas Rp 1.000 yakni PT GSS, PT BMK dan PT USM. Sedangkan harga terendah TBS di tingkat pabrik yakni Rp 970 rupaiah per kilo gram. Terkait hal ini sudah kami sampaikan ke toke atau pengepul ditingkat petani,’’ tutup Nasuhanto.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: