Jumlah Pemohon Surat Izin Mengemudi, Turun Drastis

Jumlah Pemohon Surat Izin Mengemudi, Turun Drastis

METRO - Pemohon pembuatan atau perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Satlantas Polres Mukomuko selama pandemi Covid – 19, mengalami penurunan drastis. Selama pandemi Covid – 19 jumlah masyarakat yang mengajukan pembuatan SIM baru atau perpanjangan SIM perharinya rata – rata haya berjumlah 2 sampai 5 orang. Sedangkan seblum Covid perharinya masyarakat yang mengurus SIM bisa mencapai 25 orang. Hal ini disampaikan Kapolres Mukomuko, AKBP. Andy Arisandi, SH, SIK, MH melalui Kasat Lantas, AKP. Dedi Kusnadi, SH. Dijelaskannya, penurunan minat pembuatan atau perpanjangan SIM di Mukomuko besar kemungkinan disebabkan perekonomian masyarakat yang saat ini kurang stabil. Ditambah lagi dengan adanya anjuran dari pemerintah agar masyarakat tetap di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

‘’Tentunya masyarakat lebih mementingkan untuk kebutuhan hidupnya terlebih dahulu. Apalagi ditengah wabah ini, masyarakat yang jauh seperti di wilayah Air Rami, Malin Deman, Ipuh dan sekitarnya menunda pembuatan SIM, sampai virus corona berakhir. Kalau yang dekat seperti Kota Mukomuko dan sekitarnya bisa langsung datang ke sini,’’ ujar Dedi saat ditemui wartawan koran ini di ruang kerjanya kemarin.

Disampaikannya juga, selama pandemi Covid – 19 untuk pelayanan SIM tetap dilaksanakan untuk di kantor. Sedangkan untuk pelayanan SIM melalui mobil SIM keliling, dihentikan pelayanannya untuk sementara waktu. Untuk pelayanan di kantor pihaknya tetap menggunakan protokol kesehatan. Baik untuk petugas, maupun terhadap masyarakat yang mengajukan pembuatan SIM. Seperti jarak tempat duduknya dibatasi 1 sampai 2 meter. Pihaknya juga menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

‘’Protokol kesehatan dalam melayani masyarakat dalam pembuatan SIM kami utamakan. Untuk itu, kami dengan tidak bosannya mengimbau masyarakat agar selalu mengikuti anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, seperti memakai masker dan mengurangi aktivitas diluar rumah,’’ demikian Dedi. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: