Bupati Instruksikan Sekda Lengkapi APD Puskesmas

Bupati Instruksikan Sekda Lengkapi APD Puskesmas

METRO – Bupati Mukomuko, Choirul Huda, SH meminta Dinas Kesehatan dan Sekda memastikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk medis di semua Puskesmas tercukupi. Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko memastikan seluruh Puskesmas sudah dilengkapi APD secukupnya. Selain itu menyetok APD sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan di salah satu pusat kesehatan atau rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Desriani, SH mengatakan sesuai dengan petunjuk dari bupati yang juga selaku ketua gugus tugas, APD telah disebar ke semua Puskesmas. Memang jumlah APD yang didrop ke Puskesmas jumlahnya berbeda-beda, disesuaikan dengan tingkat kerawanan dan risiko penularan virus corona. Kemudian sebagian APD ini distok di Dinkes Mukomuko, tujuannya untuk persiapan jika sewaktu ada kebutuhan mendadak.

‘’Kalau untuk Puskesmas secukupnya sudah diberikan, memang sesuai petunjuk APD kita siapkan di dinas. Nanti kalau dibutuhkan mudah didrop kemanapun. Intinya kalau untuk APD, kita tidak ada persoalan lagi, semua sudah siap,’’ tuturnya.

Lanjutnya, APD ini akan digunakan oleh petugas saat melakukan pelayanan terhadap pasien yang dicurigai, seperti datang dari daerah terjangkit, berstatus ODP, PDP atau OTG. Selain ke Puskesmas, APD juga disiapkan bagi petugas pemeriksa perbatasan.

‘’APD ini difokuskan bagi petugas medis, baik di Puskesmas, rumah sakit maupun yang melakukan pemeriksaan perbatasan. Penggunaannya hanya pada saat pemeriksaan pasien,’’ ungkapnya.

Bupati dalam pertemuan kemarin, meminta semua APD yang dibeli menggunakan APBD atau dana COVID-19 didata dengan baik, diserahkan ke mana saja. Tujuannya supaya mudah dipantau kondisi peralatan pendukung di setiap pusat kesehatan masyarakat. Selain itu juga, setiap waktu perlu dikroscek apakah masih ada atau tidak. Ia tidak ingin masih ada tenaga medis mengeluh soal APD.

‘’Ini perlu data yang jelas, dimana  saja APD diserahkan, supaya ada kesingkronan. Nanti bisa diketahui mana yang kurang dan mana yang masih cukup. Sehingga saat dibutuhkan tidak kesulitan,’’ tutupnya. (jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: