Bandara MM Aktif, Tunggu Kesiapan Maskapai

Bandara MM Aktif, Tunggu Kesiapan Maskapai

METRO – Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) telah mengeluarkan surat edaran bahwa semua transportasi ditutup. Kebijakan itu guna memutuskan penyebaran covid – 19. Namun kini Menhub membuka lagi layanan semua moda transportasi yang mulai berlaku terhitung dari tanggal 7 Mei. Kendati semua jalur transportasi dibuka, larangan mudik tetap berlaku. Terkait hal ini Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kabupaten Mukomuko, A. Sofyan Rasad mengatakan, sudah ada instruksi dari kementerian bahwa penerbangan sudah boleh beroperasi kembali. Namun pihaknya belum membuka aktifitas penerbangan. Pasalnya untuk kegiatan penerbangan pihak Bandara Mukomuko masih menunggu informasi lebih lanjut dari pihak maskapai Susi Air.

‘’Memang semua moda baik itu transportasi udara, darat maupun laut itu sudah dibuka kembali. Namun untuk Bandara Mukomuko belum dibuka. Percuma saja dibuka, kalau tidak ada pesawatnya,’’ sampai Sofyan.

Lanjutnya, walaupun sudah adanya aktifitas penerbangan pihaknya memastikan tidak akan membawa penumpang dengan status mudik. Tetapi pihaknya hanya membolehnkan penumpang khusus seperti untuk kedinasan para pejabat, orang sakit, maupun ada hal penting yang keadaannya sangat mendesak. Untuk penumpang khusus itu sendiri tetap dilakukan pemeriksaan kesehatan secara ketat di Bandara serta menggunakan alat pelindung diri (APD) berupa masker.

‘’Untuk masyarakat sipil boleh menggunakan pesawat, tapi ada alasan tertentu seperti mau berobat ke luar daerah, keluarga sakit dan urusan lainnya yang bersipat genting. Tetapi juga harus disertai dengan surat keterangan sehat dari kesehatan dan serta surat dari pihak kelurahan atau desa, termasuk juga untuk para ASN itu juga harus ada surat izin dari bupati ataupun kepala dinasnya,’’ tutup Sofyan. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: