KUA Ipuh Proses Pernikahan 3 Catin Asal Luar Daerah

KUA Ipuh Proses Pernikahan 3 Catin Asal Luar Daerah

IPUH – Walaupun kondisi tidak memungkinkan, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ipuh masih bisa menikahkan warga dari luar daerah yakni Provinsi Bengkulu. Terhitung sejak penyebaran virus corona sudah ada tiga orang pengantin dari luar daerah yang dinikahkan oleh KUA Ipuh. Mereka itu berasal dari berbagai daerah seperti Padang dan Pulau Jawa. Ketiganya adalah calon pengantin laki-laki yang menikah dengan warga Ipuh. Namun sebelum dinikahkan mereka tetap dilakukan pemeriksaan oleh tim penanganan virus covid-19 Kecamatan Ipuh. Kepala KUA Ipuh, Afandi Rahman, S.Sos mengatakan sejak menyebarnya virus corona hingga saat sekarang ini KUA Ipuh telah menikahkan tiga calon pengantin laki-laki dari luar daerah. Mereka menikah dengan warga Kecamatan Ipuh. Untuk mengantisipasi penyebaran virus mereka terlebih dulu dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan oleh tim kecamatan diantaranya Puskesmas Ipuh didampingi pihak kecamatan, kepolisian dan Koramil Ipuh. Pemeriksaan tersebut guna mengatahui kondisi mereka apakah bisa dinikahkan dengan catatan tidak mengalami gejala-gejala covid-19.

‘’Bagi yang sudah terdaftar sebelum bulan April KUA Ipuh tetap bisa menikahkan mereka termasuk warga dari luar daerah. Seperti yang sudah dilaksanakan pada tiga calon pengantin laki-laki yang berasal dari luar Bengkulu,’’paparnya. Walaupun tidak ada gejala-gejala yang dialami oleh calon pengantin yang akan dinikahkan, calon pengantin dan KUA tetap melakukan persiapan. Persiapan tersebut adalah pemasangan masker dan pelaksanaan cuci tangan sebelum dilaksanakan akad nikah. Penggunaan masker tersebut tidak hanya berlaku bagi calon pengantin dari luar daerah tetapi juga berlaku untuk calon pengantin dari Mukomuko khususnya Ipuh.

‘’Kita juga perlu melakukan persiapan guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut dengan memakai masker serta mencuci tangan sebelum menikah. Pemasangan masker tersebut dikarenakan kita tidak mengetahui orang-orang yang mengalami virus itu,’’demikian Afandi. (dom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: