Mengapa ‘K’, ‘M’, dan ‘B’ Jadi Singkatan dalam Nominal Angka?

Kamis 24-10-2024,19:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Dalam komunikasi sehari-hari, kita sering menemui penggunaan singkatan 'K', 'M', dan 'B' dalam penulisan angka, terutama dalam konteks finansial dan digital. Namun, apakah kamu pernah bertanya-tanya dari mana asal-usul singkatan tersebut?

Asal Usul Singkatan

Huruf 'K' sebagai simbol untuk angka ribu berasal dari kata Yunani "kilo", yang berarti seribu. Sejak peradaban Yunani kuno, istilah ini mulai digunakan dalam konteks pengukuran dan angka. 

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Seputar MBTI ENFP, Kepribadian dengan Sikap Kepemimpinan Tinggi

BACA JUGA:10 Perpustakaan Terindah di Asia, Apakah Ada Dari Indonesia?

Penggunaan 'K' ini semakin populer dalam sistem metrik, khususnya dalam sistem internasional (SI), yang mulai diperkenalkan pada tahun 1979.

Sementara itu, 'M' berasal dari kata Latin "mega", yang berarti satu juta. Dalam konteks ini, 'M' digunakan untuk menyatakan angka yang jauh lebih besar. Contohnya, 1M berarti satu juta (1.000.000).

Huruf 'B', yang berarti miliard (atau satu miliar), sering digunakan dalam konteks keuangan untuk menunjukkan angka yang sangat besar. Misalnya, 1B berarti satu miliar (1.000.000.000). Ini memberikan cara yang lebih singkat dan efisien untuk mengekspresikan jumlah besar dalam laporan keuangan, media sosial, dan lainnya.

Pentingnya Singkatan Ini

Penggunaan singkatan ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang. Dalam dunia digital, misalnya, angka seperti jumlah pengikut di media sosial atau pendapatan perusahaan dapat ditampilkan dengan cara yang lebih ringkas. Dengan menggunakan singkatan ini, kita tidak perlu menuliskan angka yang panjang dan sulit dibaca.

BACA JUGA:Mau Berkelana Ke Gunung atau Hutan? Begini Tips Survival di Tengah Hutan

BACA JUGA:Ketua DPRD Mukomuko Minta Pajero Hitam Sebagai Mobil Dinas BD 3 N

Contohnya, jika sebuah akun media sosial memiliki 15K pengikut, itu jauh lebih mudah dipahami dibandingkan menuliskan 15.000. Begitu juga, 2M atau 2B memberikan gambaran cepat tentang skala dan ukuran tanpa membingungkan pembaca dengan angka-angka yang bertele-tele.

Penggunaan dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain dalam konteks keuangan dan media sosial, penggunaan 'K', 'M', dan 'B' juga merambah ke bidang lain, seperti teknologi. Contohnya, istilah resolusi layar seperti 4K dan 8K menggunakan singkatan 'K' untuk menunjukkan ribuan piksel dalam resolusi gambar.

Kategori :