Bolehkah Bayi Baru Lahir Tidur dengan Menyalakan AC?

Kamis 24-10-2024,17:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Bayi baru lahir memang dapat tidur di ruangan ber-AC, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan mereka. 

Suhu AC yang ideal untuk bayi berkisar antara 23 hingga 25 derajat Celsius. Suhu ini dianggap aman karena membantu mencegah masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan dan kulit kering, yang dapat terjadi jika suhu terlalu rendah. 

Sebaliknya, suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan bayi menjadi rewel, berkeringat berlebih, dan mengalami dehidrasi.

Perhatikan Kelembapan dan Sirkulasi Udara

AC dapat mengurangi kelembapan udara di ruangan, yang bisa menyebabkan iritasi kulit dan masalah pernapasan pada bayi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan ruangan. 

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Seputar MBTI ENFP, Kepribadian dengan Sikap Kepemimpinan Tinggi

BACA JUGA:10 Perpustakaan Terindah di Asia, Apakah Ada Dari Indonesia?

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan humidifier, atau membuka sedikit jendela untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik. Pastikan juga untuk memeriksa kebersihan AC secara berkala, karena kualitas udara yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan bayi.

Tanda Bayi Kedinginan atau Kepanasan

Sebagai orang tua, kamu perlu memantau tanda-tanda apakah bayi merasa kedinginan atau kepanasan. Jika bayi kedinginan, kamu mungkin melihat kulitnya pucat, tangan dan kaki terasa dingin, atau bayi menjadi rewel dan tidak banyak bergerak. 

Sebaliknya, jika bayi kepanasan, kulitnya mungkin tampak merah dan terasa hangat saat disentuh, serta bayi berkeringat banyak dan tampak gelisah.

BACA JUGA:Mau Berkelana Ke Gunung atau Hutan? Begini Tips Survival di Tengah Hutan

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Balaleet, Hidangan Lezat dan Nikmat Khas Rempah-rempah Timur Tengah

Tips Penggunaan AC yang Aman untuk Bayi

1. Hindari Aliran Udara Langsung

Kategori :