5 Jenis Olahraga yang Bisa Meningkatkan Mood

Sabtu 19-10-2024,19:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Berolahraga memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk kebugaran fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental.

Beberapa jenis olahraga terbukti mampu meningkatkan daya ingat, memperbaiki suasana hati (mood), dan membantu kita lebih fokus serta bahagia dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut adalah lima jenis olahraga yang dikenal dapat meningkatkan daya ingat dan mood:

1. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang menggabungkan gerakan peregangan, teknik pernapasan, dan meditasi. Selain membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, yoga memiliki manfaat besar dalam menurunkan tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.

BACA JUGA:Tidak Akan Membosankan! Begini Tips Memanfaatkan Waktu Luang Agar Tidak Merasa Kesepian

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Sego Koyor yang Menggugah Selera, Satu Keluarga Nambah Porsi Makan

Ketika berlatih yoga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin dan GABA (asam gamma-aminobutyric) yang berfungsi untuk menenangkan sistem saraf dan mengurangi kecemasan.

Studi dari Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa partisipan yang berlatih yoga secara rutin mengalami penurunan kecemasan dan peningkatan mood yang signifikan.

Yoga juga diyakini mampu meningkatkan fokus dan daya ingat karena membantu menenangkan pikiran.

2. Jalan Santai

Berjalan kaki adalah bentuk aktivitas fisik ringan yang sangat mudah dilakukan dan efektif dalam meningkatkan suasana hati. Berjalan selama 15 hingga 30 menit bisa meningkatkan aliran darah ke otak, memperbaiki konsentrasi, dan meningkatkan hormon serotonin, yang berperan dalam menstabilkan mood.

BACA JUGA:Latih Kreativitas Tenaga Pendidik! Begini Cara Mengajar yang Menyenangkan Agar Murid tidak Bosan

BACA JUGA:Resep Sederhana dan Cara Membuat Lontong Spekoek Khas Semarang

Selain itu, berjalan kaki juga bisa menjadi bentuk meditasi sederhana, di mana pikiran menjadi lebih rileks dan stres berkurang. Penelitian menyebutkan bahwa jalan kaki secara teratur dapat membantu meredakan gejala depresi ringan.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang melibatkan banyak otot tubuh sekaligus memberikan manfaat besar bagi otak. Bersepeda membantu meningkatkan aliran oksigen ke otak, yang dapat memperbaiki fungsi kognitif serta memperkuat ingatan.

Selain itu, aktivitas ini juga mampu merangsang pelepasan hormon endorfin, yang dikenal sebagai "hormon kebahagiaan". Penelitian dari University of Georgia menemukan bahwa bersepeda selama 30 menit mampu meningkatkan energi, yang berpengaruh langsung pada mood.

4. Angkat Beban

Angkat beban tidak hanya membantu menguatkan otot, tetapi juga terbukti meningkatkan daya ingat dan fungsi otak. Studi dari Journal of Clinical and Experimental Neuropsychology menunjukkan bahwa orang yang berlatih angkat beban tiga hingga lima kali seminggu selama satu bulan mengalami peningkatan performa dalam tes kognitif.

Selain itu, angkat beban juga dapat meningkatkan kadar endorfin dan dopamin dalam tubuh, yang sangat efektif dalam memperbaiki mood.

5. Tai Chi

Tai Chi adalah bentuk olahraga yang memadukan gerakan lambat dengan pernapasan yang dalam. Olahraga ini terbukti dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan konsentrasi.

Tai Chi juga berfungsi sebagai latihan mindfulness, yang membantu seseorang lebih sadar terhadap perasaan dan pikiran mereka, sekaligus meningkatkan kemampuan otak untuk fokus dan mengingat hal-hal yang penting.*

Kategori :