Tips Aman Berlibur ke Pulau Derawan di Kalimantan, Nikmati Liburan Tanpa Hambatan

Sabtu 19-10-2024,14:28 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

3. Memilih Penginapan yang Sesuai

Kepulauan Derawan menawarkan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari homestay sederhana hingga resort mewah. Pilih penginapan yang sesuai dengan budget dan preferensi Anda.

Jika ingin pengalaman yang lebih otentik, cobalah menginap di rumah panggung tradisional di atas air. Pastikan untuk memesan jauh-jauh hari, terutama jika Anda berkunjung pada musim puncak.

4. Persiapkan Perlengkapan yang Tepat

Packing yang tepat sangat penting untuk kenyamanan perjalanan Anda. Bawa pakaian ringan dan nyaman, topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sengatan matahari tropis.

Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi dan perlengkapan P3K. Untuk aktivitas air, siapkan baju renang, alat snorkeling (jika memiliki), dan sepatu khusus untuk berjalan di karang.

5. Perhatikan Musim yang Tepat

Waktu kunjungan sangat mempengaruhi pengalaman wisata Anda. Musim kemarau (April-Oktober) umumnya dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengunjungi Kepulauan Derawan, dengan cuaca yang cerah dan laut yang tenang.

Namun, musim penghujan juga memiliki pesonanya sendiri dengan pemandangan yang lebih hijau. Perhatikan juga jadwal migrasi hewan laut jika Anda tertarik melihat penyu atau paus.

6. Membawa Kamera Underwater

Keindahan bawah laut Kepulauan Derawan sayang untuk dilewatkan. Investasikan dalam kamera underwater atau casing tahan air untuk smartphone Anda.

Dengan begitu, Anda bisa mengabadikan momen-momen menakjubkan saat berenang dengan penyu, melihat keindahan terumbu karang, atau bahkan saat berenang di antara ubur-ubur tak menyengat di Danau Kakaban.

7. Menjaga Etika dan Kelestarian Lingkungan

Terakhir dan yang terpenting, jaga etika dan hormati lingkungan serta budaya setempat.

Ikuti prinsip "take nothing but pictures, leave nothing but footprints". Hindari menyentuh atau menginjak terumbu karang, jangan memberi makan hewan liar, dan selalu buang sampah pada tempatnya.

Hormati privasi penyu yang bertelur dan ikuti panduan dari pemandu lokal saat melakukan aktivitas wisata.

Kategori :