3 Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Vertigo

Selasa 15-10-2024,19:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Vertigo adalah kondisi yang sering kali disertai dengan sensasi berputar atau kehilangan keseimbangan. Gejala ini bisa sangat mengganggu dan memengaruhi kualitas hidup seseorang. 

Meskipun vertigo bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah pada telinga bagian dalam, gangguan neurologis, dan masalah kesehatan lainnya, makanan dan minuman tertentu juga dapat memicu atau memperburuk gejala. 

Berikut adalah tiga jenis makanan dan minuman yang perlu diperhatikan bagi Anda yang rentan terhadap vertigo.

1. Makanan Tinggi Garam

Konsumsi garam yang berlebihan sering kali diabaikan sebagai pemicu vertigo. Garam mengandung natrium, yang dapat menyebabkan retensi cairan dalam tubuh. 

BACA JUGA:Cara Membuat Tubuh Terlihat Menarik di Mata Orang Lain dengan Mengubah Kebiasaan

BACA JUGA:5 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menunda, Coba Sekarang!

Ketika cairan terakumulasi, tekanan dalam sistem tubuh dapat meningkat, yang berdampak pada telinga bagian dalam bagian tubuh yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan. Ketika tekanan ini meningkat, bisa menyebabkan vertigo.

Makanan yang tinggi garam, seperti makanan olahan, makanan cepat saji, keripik, dan makanan kaleng, sebaiknya dihindari oleh individu yang rentan terhadap vertigo. 

Menurut American Heart Association, mengurangi asupan natrium tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, tetapi juga dapat membantu mencegah gejala vertigo. 

Memilih makanan segar dan alami adalah langkah yang bijak untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Kafein

Kafein, yang banyak ditemukan dalam kopi, teh, minuman berenergi, dan cokelat, adalah stimulan yang bisa meningkatkan kewaspadaan dan energi. 

Namun, dalam jumlah berlebihan, kafein dapat menyebabkan dehidrasi dan memengaruhi sistem saraf pusat. Ini berpotensi memicu atau memperburuk gejala vertigo pada beberapa orang.

BACA JUGA:Mengenal Istilah ‘Mewing’ Bahasa Gaul Gen Alpha yang Memiliki Makna Kesehatannya

Kategori :