Tren Toner Air Beras, Benarkah Baik untuk Kulit?

Rabu 02-10-2024,18:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Belakangan ini, tren penggunaan toner air beras semakin populer di dunia kecantikan. Air beras, yang pada dasarnya adalah cairan hasil rendaman atau rebusan beras, diklaim memiliki banyak manfaat untuk kulit. 

Dari mencegah penuaan hingga meredakan iritasi kulit, toner air beras menarik perhatian banyak orang yang mencari solusi perawatan kulit alami. Namun, apakah benar toner air beras sebaik yang diklaim?

Air beras mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kulit. Cairan ini kaya akan vitamin B dan E, mineral, serta antioksidan seperti inositol. 

Nutrisi-nutrisi tersebut dipercaya mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, memperlambat tanda-tanda penuaan, dan meningkatkan elastisitas kulit.

BACA JUGA:Stop Menyilangkan Kaki! 5 Tanda Bahasa Tubuh yang Membuatmu Lebih Karismatik dan Disukai Banyak Orang

BACA JUGA:Stoicism Mindset: Filosofi Kuno untuk Mengatasi Kecemasan dan Menemukan Kebahagiaan Sejati di Dunia Modern

Menurut penelitian, inositol dalam air beras memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan radikal bebas, mirip dengan cara kerja vitamin C yang terkenal sebagai antioksidan kuat. 

Sebuah studi di Portugal pada 2018 menunjukkan bahwa gel yang mengandung air beras memiliki aktivitas antioksidan yang setara dengan vitamin C, yang dapat mencegah kerusakan pada kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

Manfaat Toner Air Beras untuk Kulit

1. Melindungi dari Radikal Bebas

Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel kulit, menyebabkan penuaan dini, dan memperburuk kondisi kulit. 

Dengan adanya inositol dan antioksidan lainnya, air beras mampu melawan radikal bebas ini dan melindungi kulit dari efek buruk polusi dan sinar UV.

2. Mengurangi Iritasi Kulit

Air beras juga memiliki manfaat untuk meredakan iritasi kulit. Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau sering mengalami peradangan, toner air beras dapat menjadi solusi alami untuk mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit. 

Beberapa ahli kecantikan merekomendasikan penggunaan air beras sebagai cara alami untuk meredakan eksim atau dermatitis.

Kategori :