Merasa Bosan dengan Aktivitas Sehari-hari? Begini Cara Menghilang dari Kebiasaan Menggunakan Media Sosial

Jumat 27-09-2024,09:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Di era digital ini, media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita. 

Namun, terkadang kita membutuhkan jeda untuk menyegarkan pikiran dan menemukan keseimbangan. 

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk "menghilang" sementara dari media sosial tanpa menimbulkan kecemasan atau kehilangan koneksi penting.

1. Rencanakan Dengan Matang

Sebelum memutuskan untuk menghilang, buatlah rencana yang jelas. Tentukan berapa lama Anda akan offline dan apa yang ingin Anda capai selama periode ini. Ini akan membantu Anda tetap fokus dan menghindari godaan untuk kembali terlalu cepat.

BACA JUGA:6 Jurusan S1 yang Bisa Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Dibanding Lainnya

BACA JUGA:Ingin Berlibur ke AS? Simak Harga Tiket Pesawat Komersial dari Indonesia ke Amerika Terbaru

2. Beri Tahu Kontak Penting

Informasikan kepada keluarga, teman dekat, atau rekan kerja penting bahwa Anda akan mengurangi aktivitas online. Berikan mereka cara alternatif untuk menghubungi Anda jika ada hal mendesak.

3. Gunakan Fitur "Pause" atau "Snooze"

Banyak platform media sosial menawarkan fitur untuk menjeda notifikasi atau mem-"snooze" akun Anda. Manfaatkan ini daripada menghapus aplikasi sepenuhnya, sehingga Anda masih bisa diakses jika benar-benar diperlukan.

4. Atur Auto-Reply

Jika Anda menggunakan media sosial untuk bisnis atau komunikasi profesional, atur pesan otomatis yang menjelaskan ketidakhadiran Anda dan kapan Anda akan kembali aktif.

5. Curate Feed Anda

Sebelum kembali sepenuhnya, luangkan waktu untuk mem-filter feed Anda. Unfollow atau mute akun yang tidak lagi relevan atau yang memberi pengaruh negatif.

Kategori :