5 Tips Membagi Waktu antara Kuliah dan Organisasi, Agar Tidak Berantakan

Sabtu 14-09-2024,18:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

3. Manfaatkan Waktu Luang dengan Efektif

Waktu luang seringkali menjadi kesempatan untuk menyelesaikan tugas-tugas kecil. Gunakan waktu istirahat di antara kelas atau pertemuan organisasi untuk membaca materi kuliah atau menyelesaikan pekerjaan organisasi. 

Dengan memanfaatkan waktu luang secara efektif, kamu dapat mengurangi beban kerja di waktu-waktu sibuk dan menjaga produktivitas tetap tinggi.

4. Komunikasikan Jadwal Kamu dengan Teman dan Rekan Kerja

Komunikasi adalah kunci untuk menjaga agar semuanya berjalan lancar. Beri tahu teman kuliah dan rekan organisasi tentang jadwal dan komitmenmu. 

Dengan berkomunikasi secara terbuka, kamu bisa meminta bantuan jika diperlukan dan menghindari konflik jadwal. Selain itu, teman dan rekan kerja juga dapat memberikan dukungan dan pengertian ketika kamu membutuhkan waktu tambahan untuk menyelesaikan tugas.

5. Jangan Lupa Sisakan Waktu untuk Istirahat dan Perawatan Diri

Terakhir, penting untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat. Jangan terlalu membebani diri dengan kegiatan kuliah dan organisasi tanpa memberi waktu untuk istirahat. 

Sisihkan waktu untuk beristirahat, berolahraga, dan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Kesehatan mental dan fisik yang baik akan membantu kamu tetap produktif dan efisien dalam mengelola waktu.*

Kategori :