Ingin Bangun Rumah Minimalis 2 Lantai? Kira-kira Segini Estimasi Biaya dan Beberapa Hal yang Perlu Disiapkan

Minggu 15-09-2024,13:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

Biaya ini meliputi upah tukang, mandor, dan pekerja lain yang terlibat dalam proses konstruksi. Biasanya berkisar antara 20% hingga 30% dari total biaya konstruksi.

BACA JUGA:Mudah dan Praktis! Begini Cara Membuat Cireng Makanan Tradisional Khas Nusantara

BACA JUGA:Jangan Silent Treatment, Begini Cara Menghadapi Pasangan yang Kurang Berkomunikasi

5. Biaya Perizinan dan Administrasi

Memperoleh izin mendirikan bangunan (IMB) dan biaya administrasi lainnya juga harus diperhitungkan. Biaya ini bervariasi tergantung pada lokasi dan peraturan daerah setempat.

Selain memikirkan estimasi biaya, sebelum membangun rumah kita juga perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu disiapkan

1. Rencana Anggaran

Buatlah rencana anggaran yang detail dan realistis. Sertakan semua biaya yang mungkin timbul, termasuk cadangan untuk pengeluaran tak terduga.

2. Desain dan Rencana Arsitektur

Konsultasikan dengan arsitek untuk membuat desain rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Pastikan desain tersebut sesuai dengan peraturan zonasi dan bangunan setempat.

3. Pemilihan Material

Pilihlah material yang sesuai dengan anggaran dan kualitas yang diinginkan. Pertimbangkan juga faktor keberlanjutan dan daya tahan material.

4. Perizinan

Pastikan untuk mengurus semua izin yang diperlukan sebelum memulai pembangunan. Ini termasuk izin mendirikan bangunan dan izin lingkungan, jika diperlukan.

5. Jadwal Pembangunan

Buatlah jadwal pembangunan yang jelas untuk memantau progres proyek dan memastikan bahwa semua pekerjaan selesai tepat waktu.

Kategori :