5 Negara Terkaya di Dunia, Ternyata, Amerika, China dan Rusia Tidak Ada

Jumat 06-09-2024,09:00 WIB
Reporter : Amris
Editor : Amris

RMONLINE.ID - Amerika Serikat, Rusia, China termasuk India dan Indonesia merupakan negara besar dan kuat dengan jumlah penduduk terbanyak dan wilayah yang luas.

Namun demikian negara-negara besar ini bukan negara terkaya, bahkan dalam 7 negara terkaya di Dunia berdasarkan PDB per kapita, sebagaimana diperkirakan oleh Dana Moneter Internasional (IMF) 2024.

PDB dipengaruhi oleh populasi penduduk. PDB per kapita menjadi indikator yang baik untuk melihat kesejahteraan ekonomi suatu negara.

BACA JUGA:Puluhan Tenaga Medis Mukomuko Ikuti Pelatihan Tenaga Kesehatan Terpadu Kesehatan Jiwa di Kota Bengkulu

BACA JUGA:Peringatan Hari Lalulintas Bhayangkara, Polisi Antar Alamat Paket Sembako untuk Warga Kurang Mampu di Mukomuko

PDB per kapita dihitung dengan membagi PDB suatu negara dengan jumlah penduduknya. Alhasil, negara-negara terkaya di dunia merupakan negara dengan PDB per kapita tertinggi.

Dilansir dari berbagai sumber, salah satunya sahabat.pegadaian.co.id, Berikut 5 Negara terkaya di dunia berdasarkan PDB:

1. Luksemburg

Luksemburg adalah sebuah negara terkecil di Eropa, walau kecil negara ini merupakan negara paling kaya di dunia. 

Luksemburg dikenal sebagai pemain sentral di dunia perbankan global dengan memiliki PDB per kapita Luksemburg sebesar 143,320 USD.

Luksemburg dikenal sebagai negara yang memanfaatkan kekayaannya untuk meningkatkan kualitas standar hidup, kesehatan, dan pendidikan untuk rakyatnya.

2. Irlandia

Selanjutnya Irlandia, disebutkan bahwa negara ini terkaya kedua di dunia PDB per kapita sebesar 137,640 USD.

Kenaikan PDB per kapita Irlandia disebabkan oleh tarif pajak perusahaannya yaitu sebesar 12,5%, salah satu yang terendah di dunia.

Model ekonomi yang pro bisnis tersebut berhasil menjadikan Irlandia sebagai tujuan investasi yang menguntungkan di pasar global.

Kategori :