4 Rekomendasi Olahraga Ringan, Cocok Untuk Usia 50 Tahun Ke Atas

Rabu 04-09-2024,07:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

BACA JUGA:Sering Dianggap Tak Berguna, Ternyata Buah Rosehip Punya Banyak Manfaat Lhoo! Ini Manfaatnya

BACA JUGA:Inilah Berbagai Manfaat Minyak Rosehip Bagi Kesehatan Kulit yang Tak Banyak Orang Tahu

3. Tai Chi

Tai Chi adalah seni bela diri yang lembut dan sering dianggap sebagai bentuk latihan meditasi bergerak. Olahraga ini menggabungkan gerakan lambat, pernapasan dalam, dan konsentrasi. 

Tai Chi telah terbukti dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan otot, serta mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. 

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, Tai Chi juga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada penderita arthritis dan meningkatkan keseimbangan pada lansia.

4. Yoga

Yoga adalah olahraga yang menggabungkan gerakan fisik, pernapasan, dan meditasi. Untuk usia 50 tahun ke atas, yoga bisa menjadi pilihan yang sangat baik karena dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan inti, dan keseimbangan. 

Posisi yoga yang lembut seperti pose kucing-sapi atau pose jembatan dapat dilakukan tanpa memberi tekanan berlebih pada sendi. 

Banyak studi menunjukkan bahwa yoga dapat membantu mengurangi nyeri punggung, meningkatkan mobilitas sendi, dan memperbaiki postur tubuh.*

Kategori :