September Labor Dinas LH Sudah Bisa Melakukan Praktek Uji Mutu Limbah

Kamis 29-08-2024,09:00 WIB
Reporter : Amris
Editor : Amris

RMONLINE.ID - Sejak dibangun atau pengadaan era Bupati pertama Kabupaten Mukomuko, laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Mukomuko tidak pernah benar-benar diperasikan sebagaimana harusnya.

Sehingga peralatan uji labor yang dibeli mahal tersebut menua  tanpa manfaat bagi daerah. Padahal labor ini sangat penting untuk uji mutu hingga mendatangkan PAD.

Kabar baiknya, Labor ini akan segera dioperasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH) Mukomuko, diupayakan bulan depan atau september ini sudah siap diujicoba untuk uji mutu.

Disampaikan oleh Kepala Dinas LH Mukomuko, Budiyanto, S.Hut., M.Kom sekarang untuk rencana pengaktifan labor ini tengah dimatangkan, berbagai peralatan yang dimiliki telah dilakukan Kalibrasi untuk menentukan akurasi peralatan uji mutu.

BACA JUGA:Pemkab Perbaiki Lampu PJU Kota Mukomuko, Titik Lokasi Bandar Ratu Hingga Koto Jaya

BACA JUGA:Choirul Huda - Rahmadi AB Akan Diarak ke KPU Gunakan Motor Gerandong Hingga Mobil

"September kita upayakan labor ini sudah bisa dilakukan ujicoba dan langsung dioperasikan sesuai dengan manfaatnya," kata Budi.

Terkait dengan tenaga ahli dan izin atau sertifikasi Akreditasi lainnya, Budi mengatakan untuk tenaga, Mukomuko memiliki pegawai dibidang tersebut. Sementara soal izin atau standar pelayanan laboratorium secara bertahap akan dilengkapi.

Karena syarat mendapatkan sertifikat akreditasi laboratorium pengujian parameter kualitas lingkungan harus dioperasikan lebih dulu.

Juga kedepannya akan dibentuk UPTD sendiri, untuk sementara masih tetap bisa, labor ini sub bagian dari dinas LH.

BACA JUGA:Lanjutan Program Internet Desa di Mukomuko Sentuh Sarana Pendidikan, SD, MI, MTs, MA dan RA

BACA JUGA:Pemilihan Bupati Mukomuko, Aroma Persaingan Choriul Huda Vs Sapuan Lebih Menyengat

"Bertahap kita siapkan semua, pengujian yang akan kita lakukan sudah bisa menjadi tolak ukur uji mutu," paparnya.

Masih dikatakannya, Labor Dinas LH Mukomuko memiliki peralatan yang cukup canggih dan lumayan lengkap, hanya saja selama ini belum dimanfaatkan. Maka sekarang sesuai dengan instruksi bupati, labor ini segera dioperasikan.

"Alat-alat kita canggih, tapi karena sekian lama dibiarkan begitu saja akhirnya menjadi tidak bermanfaat. Sekarang sesuai perintah bupati, kami akan operasikan," tutupnya.*

Kategori :