Walau Hanya 3 Tahun, Prestasi Sapuan Dalam Pembangunan Tidak Kaleng-Kaleng, Ini Buktinya

Kamis 22-08-2024,10:00 WIB
Reporter : Amris
Editor : Amris

Dan yang paling menggemparkan saat Sapuan - Wasri sukses membangun jalan menuju Desa Gajah Makmur Kecamatan Malin Deman yang mencapai 16 km lebih menggunakan dana Inpres. 

Sudah bergantian bupati berkali-kali belum ada yang bisa melaksanakan, baru era Sapuan - Wasri. Sama halnya jalan Suka Maju - Bukit Makmur Kecamatan Penarik 8 km lebih. Terus juga ada jalan Tanah Rekah - Setiabudi.

"Peningkatan konektivitas jalan daerah lewat dana Inpres 2023, jalan Suka Maju - Bukit Makmur, jalan di Malin Deman dan Tanah Rekah itu totalnya mencapai Rp 123 miliar.

Ini capaian luar biasa pemerintahan pak Bupati Sapuan. Banyak lagi yang dibangun sejak 2022 dan 2023," kata Kadis PUPR Apriansyah,ST,MT.

Untuk 2024 sendiri yang sudah berjalan, DAK ada dua jenis  yaitu peningkatan jalan dan peningkatan irigasi. Untuk jalan  yaitu di SP8-SP9 Lubuk Pinang dengan pagu dana hingga Rp 9 miliar dan Jalan Wonosobo - Sumber Mulyo - Lubuk Silandak dengan pagu Rp 8,4 miliar.

DAK irigasi berupa peningkatan saluran Irigasi Sungai Gading besar dan irigasi Desa Talang Buai Air Payang dua.

Terus juga ada proyek jalan menggunakan DBH kelapa sawit yang tengah berjalan, berupa jalan TPA Tran Bandep dengan program sudah mencapai 30 persen dengan pagu mencapai Rp 11 miliar. Kedua pembangunan jalan Air Hitam - Teluk Bakung Kecamatan Pondok Suguh, progresnya sudah mencapai 70 persen.

Terus Jalan Sultan takdir khalifatullah Kota Mukomuko dengan progres baru 30 persen, terakhir jalan Retak Ilir juga sedang berlangsung, progresnya mencapai 40 persen.

Untuk DAU 2024 sesuai perintah bupati, ini menyebar di berbagai kecamatan, seperti di Air Rami ada di Desa Mekar Jaya. Terus Desa Dusun Pulau dan Desa Pasar Ipuh ke Tanjung Harapan di Ipuh. Selanjutnya Teramang Jaya dan penarik ada jalan Bunga Tanjung, jalan Anakhil, jalan Lubuk Mukti Wosobo dan jalan Bumi Mulya KJS.

Terus DAU Kecamatan XIV Koto dan Teras Terunjam, yaitu jalan SP9 Pauh Terenja, jalan Lubuk Sanai 2, jalan Mangga SP7 dan jalan tunggal Jaya. Untuk dalam kota yaitu jalan talang karet, jalan samping sekwan, jalan tanah harapan. Kemudian jalan di Air Majuto, Kota Praja dan Agung Jaya.

"Paket-paket pekerjaan 2024 ini sedang berjalan dan mudahan bisa selesai sesuai dengan kontrak dan sesuai keinginan bupati, nisa segera dinikmati masyarakat," tutupnya.*

Kategori :