5 Temuan Asal Indonesia yang Berhasil Mengubah Dunia

Rabu 21-08-2024,14:00 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Amris

RMONLINE.ID - Indonesia, dengan kekayaan budaya dan alamnya, juga telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan dunia melalui berbagai temuan penting. 

Dari inovasi teknologi hingga penemuan medis, Indonesia telah menciptakan terobosan yang berdampak secara global. Berikut adalah lima temuan asal Indonesia yang telah mengubah dunia:

1. Candi Borobudur dan Candi Prambanan

Candi Borobudur dan Candi Prambanan adalah contoh luar biasa dari keajaiban arsitektur kuno Indonesia. Borobudur, yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, adalah candi Buddha terbesar di dunia, dibangun pada abad ke-8 dan ke-9. 

Struktur megahnya, yang terdiri dari sembilan platform bertingkat, diukir dengan ribuan relief yang menggambarkan ajaran Buddha. 

BACA JUGA:3 Etika Penting Saat Makan Cake di Jamuan Formal, Harus Terlihat Simpel dan Tetap Elegan

BACA JUGA:6 Makanan Tinggi Kalsium dan Vitamin D, Cocok buat ‘Remaja Jompo’

Prambanan, candi Hindu yang terletak di Yogyakarta, dikenal dengan keindahan arsitektur dan relief yang menceritakan kisah Ramayana. 

Kedua candi ini tidak hanya merupakan warisan budaya tetapi juga telah menarik perhatian dan penelitian internasional.

2. Temuan Laki-laki Flores (Homo floresiensis)

Penemuan Homo floresiensis, atau yang sering disebut sebagai "Manusia Flores," di pulau Flores pada tahun 2003, adalah salah satu penemuan paling signifikan dalam arkeologi dan antropologi. 

Spesies manusia purba ini, yang berukuran sangat kecil dan memiliki otak kecil, menunjukkan adanya variasi signifikan dalam evolusi manusia. 

Temuan ini mengubah pemahaman ilmiah tentang evolusi manusia dan menunjukkan keragaman yang lebih besar dari yang sebelumnya diperkirakan.

BACA JUGA:Ini Dia 4 Jenis Air Rebusan Daun yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

BACA JUGA:Daun Senna Punya Banyak Manfaat Lho! Apa Saja? Ayok Simak Penjelasannya di Sini!

Kategori :