6 Makanan Tinggi Kalsium dan Vitamin D, Cocok buat ‘Remaja Jompo’

Selasa 20-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Meskipun masih tergolon muda, para remaja saat ini sudah mulai kehilangan kekuatan dan nutris dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi karena kebiasaan-kebiasaan mereka yang jauh dari gaya hidup sehat.

kebutuhan nutrisi khususnya kalsium dan vitamin D menjadi semakin penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. 

Bagi ‘remaja jompo’ atau mereka yang masih remaja tapi berasa telah memiliki usia lanjut, penting untuk memastikan asupan kalsium dan vitamin D dari makanan sehari-hari. 

Berikut ini adalah enam makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D, ideal untuk mendukung kesehatan tulang dan keseluruhan tubuh di usia yang lebih tua.

1. Susu dan Produk Olahannya

Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik yang mudah ditemukan. Satu gelas susu dapat memenuhi sekitar sepertiga dari kebutuhan kalsium harian. 

BACA JUGA:Tumbuhkan Rasa Keberanian dan Cara Percaya Diri Kamu, Begini Tips dan Triknya

BACA JUGA:3 Olahan Telur Terbaik untuk Dimasak di Air Fryer

Selain itu, banyak produk susu seperti yogurt dan keju juga diperkaya dengan vitamin D, yang membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. 

Dengan mengonsumsi susu dan produk olahannya sebagai bagian dari diet sehat untuk menjaga kekuatan tulang di usia lanjut.

2. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden adalah sumber kalsium dan vitamin D yang sangat baik. 

Ikan-ikan ini mengandung vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efektif. 

Mengonsumsi ikan berlemak secara rutin dapat memberikan manfaat kesehatan tulang yang signifikan, terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia senja.

3. Tahu dan Tempe

Kategori :