Inilah 5 Larangan Unik yang Ada di Jepang, Jangan Sampai Dilanggar Turis

Selasa 30-07-2024,06:00 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki budaya dan tata krama yang sangat ketat. 

Sebagai turis, penting untuk mengetahui beberapa larangan unik agar tidak menyinggung penduduk lokal atau dianggap tidak sopan. Berikut adalah lima larangan unik di Jepang yang perlu kamu ketahui:

1. Jangan Sembarangan Menggunakan Sumpit

Menggunakan sumpit dengan cara yang salah bisa dianggap tidak sopan di Jepang. Hindari menggosok sumpit sebelum digunakan, mengetuk sumpit di atas mangkuk, atau menunjuk orang dengan sumpit. 

BACA JUGA:Mengapa Petani Kopi Memilih Dataran Tinggi? Berikut Alasan ilmiahnya

BACA JUGA:Tanah Terlihat Tandus dan Tidak Bisa Ditanami Jangan Panik, Berikut Cara Mengelola Tanah Agar Subur Kembali

Lebih parah lagi, jangan pernah menancapkan sumpit secara vertikal ke dalam nasi karena ini menyerupai ritual pemakaman yang membawa kesialan

2. Dilarang Berisik di Kereta

Di Jepang, kereta adalah tempat yang harus tetap tenang. Mengobrol dengan suara keras atau menerima panggilan telepon di dalam kereta dianggap sangat tidak sopan. 

Biasanya, penumpang lebih memilih membaca buku atau mendengarkan musik dengan headset selama perjalanan. Jadi, pastikan untuk mematikan atau mengatur HP ke mode diam saat berada di kereta. 

3. Tidak Boleh Duduk di Kursi Prioritas

Kursi prioritas di transportasi umum Jepang hanya untuk manula, ibu hamil, orang tua yang membawa anak kecil, dan orang sakit. 

Duduk di kursi prioritas tanpa termasuk dalam kategori tersebut dianggap tidak menghormati orang lain yang lebih membutuhkan tempat duduk tersebut

4. Jangan Makan dan Minum Sambil Jalan

Makan dan minum sambil berjalan dianggap tidak etis di Jepang. Hal ini karena masyarakat Jepang sangat peduli dengan kebersihan lingkungan. 

Kategori :