5 Tipe MBTI yang Paling Tekun dalam Belajar Saat Ujian

Kamis 18-07-2024,09:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Mempersiapkan diri untuk ujian memang butuh usaha dan ketekunan. 

Dalam konteks MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), beberapa tipe kepribadian cenderung lebih tekun dan disiplin dalam belajar. Berikut adalah lima tipe MBTI yang paling tekun dalam belajar saat ujian:

1. INTJ (The Architect)

Tipe kepribadian INTJ dikenal karena kemampuan analitis mereka yang kuat dan orientasi mereka pada hasil. INTJ sangat terorganisir dan selalu memiliki rencana jangka panjang yang jelas. 

BACA JUGA:Punya Lebih dari 1 Kepribadian, Yuk Kenali Istilah Bipolar dan Penyebabnya

BACA JUGA:Dali Ni Horbo Makanan Unik Khas Medan yang Patut di Cobain Pas Berkunjung ke Medan

Mereka belajar dengan sangat efektif melalui mind maps dan cenderung menguasai materi dengan memahami konsep-konsep utama terlebih dahulu sebelum mendalami detailnya. 

INTJ juga terkenal karena standar tinggi yang mereka tetapkan untuk diri mereka sendiri dan orang lain, membuat mereka sangat tekun dalam persiapan ujian.

2. INFJ (The Advocate)

INFJ adalah tipe yang sangat idealis dan termotivasi oleh makna dan tujuan dalam belajar. Mereka cenderung belajar dengan baik dalam lingkungan yang tenang dan terstruktur. 

INFJ memiliki kemampuan untuk memahami dan mengasimilasi informasi secara mendalam, dan mereka sering kali memerlukan pemahaman menyeluruh tentang makna dari apa yang mereka pelajari.

Ketekunan mereka dalam belajar sering kali didorong oleh keinginan untuk membantu dan melayani orang lain (Brain Academy) (Campuspedia).

3. ISTJ (The Logistician)

ISTJ sangat disiplin dan teliti dalam pendekatan mereka terhadap belajar. Mereka lebih suka belajar dalam lingkungan yang terstruktur dengan instruksi yang jelas dan logis. 

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Randu Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Kategori :