Pernah Merasa Melakukan Kegiatan yang Serupa Padahal Belum Sama Sekali? Yuk Kenali Istilah Dejavu!

Kamis 11-07-2024,13:00 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Pernahkah Anda mengalami sensasi aneh di mana Anda merasa pernah berada di suatu tempat atau mengalami suatu situasi 

Sebelumnya, padahal Anda yakin ini adalah pengalaman pertama Anda? Jika ya, maka Anda telah mengalami fenomena yang dikenal sebagai déjà vu. 

Istilah ini berasal dari bahasa Prancis yang secara harfiah berarti "sudah dilihat". Déjà vu adalah pengalaman psikologis yang unik dan membingungkan, yang telah memikat perhatian para ilmuwan, psikolog, dan filsuf selama bertahun-tahun.

BACA JUGA:5 Tanda Seseorang Sedang Rindu Padamu

BACA JUGA:Kamu Baru Pindah ke Tempat Kerja Baru atau Masyarakat Baru? Begini Cara Beradaptasi yang Tepat

Déjà vu adalah kondisi ketika seseorang merasa sudah pernah mengalami sesuatu padahal belum pernah atau baru mengalaminya saat itu juga. 

Misalnya, ketika seseorang baru pertama kali mendaki gunung, tapi merasa seolah sudah pernah melakukan hal itu sebelumnya. 

Sensasi ini biasanya berlangsung singkat, hanya beberapa detik, namun dapat meninggalkan kesan yang mendalam dan membingungkan.

Fenomena déjà vu tidak terbatas pada tempat atau situasi tertentu. Ini bisa terjadi dalam berbagai konteks:

- Saat mengunjungi tempat baru

- Bertemu orang yang baru dikenal

- Terlibat dalam percakapan yang terasa familiar

- Melakukan aktivitas yang sebelumnya tidak pernah dilakukan

Yang membuat déjà vu begitu menarik adalah kontradiksi antara keyakinan kuat bahwa kita pernah mengalami sesuatu sebelumnya, dan pengetahuan rasional bahwa hal itu tidak mungkin terjadi.

BACA JUGA:Sederhana Namun Nikmat, Begini Resep dan Cara Membuat Petulo

Kategori :