Penting untuk Menjalani Hidup, Inilah Life Skill yang Harus Dimiliki Seseorang

Minggu 07-07-2024,11:00 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Di tengah kompleksitas kehidupan modern, kemampuan untuk beradaptasi dan berkembang menjadi semakin penting. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengidentifikasi sepuluh keterampilan hidup inti yang dianggap krusial untuk kesejahteraan individu dan masyarakat. 

Keterampilan-keterampilan ini tidak hanya membantu kita menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik, tetapi juga mempersiapkan kita menghadapi tantangan masa depan.

Berikut ini life skill yang harus dimiliki seseorang dalam menjalani kehidupan.

Kemampuan Mengenal Diri Sendiri

Pemahaman diri yang mendalam adalah fondasi dari semua keterampilan hidup lainnya. Ini melibatkan kesadaran akan kekuatan, kelemahan, nilai-nilai, dan tujuan hidup kita. 

BACA JUGA:Tenangkan Diri Ketika Menghadapi Masalah, Begini Tips dan Triknya

BACA JUGA:Mengenal Istilah Sleep Latency, Istilah Untuk Mengartikan Waktu yang Dibutuhkan Agar Tertidur Lelap

Dengan mengenal diri sendiri, kita dapat membuat keputusan yang lebih selaras dengan siapa kita sebenarnya, mengelola stress dengan lebih baik, dan membangun hubungan yang lebih autentik dengan orang lain.

Memiliki Jiwa Empati 

Kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain adalah kunci dalam membangun hubungan yang bermakna. 

Empati memungkinkan kita untuk melihat dunia dari sudut pandang orang lain, mengurangi konflik, dan menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan suportif.

Kemampuan Berpikir Kritis

Di era informasi yang berlimpah, kemampuan untuk menganalisis informasi secara objektif dan membuat penilaian yang berdasar menjadi sangat penting.

BACA JUGA:3 Etika yang Wajib Kamu Perhatikan saat Nongkrong Bareng Teman

Kategori :