3 Makanan Ajaib yang Bisa Membantu Memperpanjang Usia

Minggu 23-06-2024,12:00 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan berlemak memiliki umur yang lebih panjang dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang memiliki kadar omega-3 tinggi dalam darah mereka cenderung hidup lebih lama dibandingkan mereka yang kadar omega-3-nya rendah. 

Mengonsumsi ikan berlemak secara rutin juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer dan demensia, menjaga otak tetap sehat seiring bertambahnya usia.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan kacang mete adalah sumber lemak sehat, protein, dan serat yang sangat baik. 

Mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol, mengontrol berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan dan vitamin E, yang baik untuk kesehatan kulit dan mata.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan bahwa orang yang makan segenggam kacang setiap hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak makan kacang sama sekali. 

Kacang-kacangan juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, sehingga baik untuk penderita diabetes atau yang ingin mencegah penyakit tersebut.*

Kategori :