Inilah 4 Perbedan antara Seorang dengan Tipe Kepribadian Feeling dan Thinking dalam MBTI

Kamis 20-06-2024,09:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Dalam dunia psikologi, khususnya dalam tipe kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), terdapat berbagai cara untuk memahami perbedaan individu. 

Dua dari 16 tipe kepribadian yang sering dibandingkan adalah Feeling (F) dan Thinking (T). Keduanya memiliki cara berbeda dalam mengambil keputusan dan berinteraksi dengan dunia. Berikut kita lihat empat perbedaan utama antara tipe kepribadian Feeling dan Thinking!

1. Cara Mengambil Keputusan

Orang dengan tipe kepribadian Feeling cenderung mengambil keputusan berdasarkan nilai-nilai pribadi dan emosi.

Mereka mempertimbangkan perasaan orang lain dan mencari solusi yang harmonis dan memuaskan secara emosional. Mereka lebih suka menjaga keharmonisan dan menghindari konflik.

BACA JUGA:Pakai Bahan Alami Ini Bisa Bantu Menghilangkan Daging Tumbuh

BACA JUGA:Mengolah Daging Kurban Jadi Sajian Spesial, Inilah Resep Sapi Lada Hitam

Sebaliknya, tipe Thinking mengambil keputusan berdasarkan logika dan fakta. Mereka lebih fokus pada objektivitas dan efisiensi. 

Mereka cenderung menilai situasi secara rasional dan memilih solusi yang paling logis, meskipun mungkin tidak selalu populer atau menyenangkan bagi semua orang.

2. Pendekatan Terhadap Konflik

Dalam menghadapi konflik, orang dengan tipe Feeling lebih cenderung mengutamakan perasaan dan kebutuhan emosional. 

Mereka mungkin lebih berempati dan berusaha memahami perspektif orang lain. Tujuan utama mereka adalah mencapai kesepakatan yang damai dan memuaskan semua pihak yang terlibat.

Sementara itu, tipe Thinking lebih mungkin melihat konflik sebagai masalah yang perlu dipecahkan dengan logika dan bukti. 

Mereka tidak segan-segan untuk mengungkapkan pandangan mereka secara langsung dan mungkin terlihat lebih tegas atau bahkan keras, karena mereka lebih fokus pada mencari solusi terbaik daripada menjaga perasaan.

3. Prioritas dalam Kehidupan

Kategori :