5 Sikap Positif yang Harus Dijaga Di Bulan Ramadhan, Insyaallah Puasa Kita Diterima

Sabtu 09-03-2024,11:00 WIB
Reporter : Anwar
Editor : Ahmad Kartubi

RADARMUKOMUKO.COM - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan keutamaan bagi umat Islam.

Di bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah lainnya, seperti shalat, membaca Al-Quran, berdzikir, bersedekah, dan lain-lain.

Namun, ibadah puasa bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus, melainkan juga menahan hawa nafsu dan emosi yang negatif.

BACA JUGA:Penampakan, Mobil Mewah Hingga Fuso Tertanam Dalam Lumpur, Banjir Bandang Sumbar

Oleh karena itu, umat Islam harus menjaga sikap positif di bulan Ramadhan, baik terhadap diri sendiri, sesama manusia, maupun lingkungan.

Berikut adalah beberapa sikap positif yang harus dijaga di bulan Ramadhan:

- Sabar.

Sabar adalah salah satu kunci sukses dalam menjalankan puasa. Sabar berarti menerima segala ketentuan Allah dengan ikhlas, tanpa mengeluh atau marah.

Sabar juga berarti mengendalikan diri dari segala godaan dan ujian yang datang, baik dari dalam maupun dari luar. Dengan bersabar, kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah.

- Syukur.

Syukur adalah sikap menghargai dan mengakui segala nikmat yang Allah berikan kepada kita. Syukur juga berarti tidak sombong atau kufur dengan nikmat tersebut, melainkan memanfaatkannya untuk kebaikan.

BACA JUGA:Munculnya Harimau Sumatera di Perkebunan Sawit, Bisa Saja Karena Melatih Anaknya, Warga Diminta Berhati-Hati

Dengan bersyukur, kita akan merasakan kebahagiaan dan kedamaian dalam hati, serta mendapatkan tambahan nikmat dari Allah.

- Ikhlas.

Kategori :