Kumis Kucing, Solusi Aman untuk Ginjal dan Gula Darah

Senin 22-01-2024,20:00 WIB
Reporter : Anwar
Editor : Ahmad Kartubi

RADARMUKOMUKO.COM - Kumis kucing adalah tanaman yang banyak ditemukan di sekitar rumah kita. Tanaman ini memiliki nama latin Orthosiphon aristatus dan termasuk dalam famili Lamiaceae. Kumis kucing memiliki bentuk daun yang mirip dengan kumis kucing, sehingga dikenal dengan nama yang sama.

Namun, tahukah Anda bahwa kumis kucing bukan hanya sekedar tanaman hias? Tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk ginjal dan gula darah. Berikut adalah beberapa manfaat kumis kucing yang perlu Anda ketahui:

  • Menghilangkan Batu Ginjal. 

Kumis kucing mengandung senyawa alami yang dapat membantu melarutkan asam urat, fosfat, dan oksalat dari tubuh. Asam urat, fosfat, dan oksalat dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal jika tidak dikeluarkan melalui urine. Dengan mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing secara teratur, Anda dapat mencegah dan mengobati batu ginjal.

BACA JUGA:4 Penyebab Serta Cara Mengatasi Sakit Mata dengan Mudah dan Aman, Bisa Dicoba Loh

  • Mengatasi Infeksi Saluran Kemih. 

Kumis kucing juga bersifat diuretik, yaitu dapat meningkatkan kecepatan pembentukan urine. Hal ini dapat membantu membersihkan saluran kemih dari bakteri atau jamur yang menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK). 

ISK dapat menimbulkan gejala seperti nyeri saat buang air kecil atau besar, kesulitan buang air kecil atau besar, demam, muntah, atau darah dalam urine. Dengan mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing secara teratur, Anda dapat mencegah dan mengobati ISK.

  • Menurunkan Gula Darah. 

Kumis kucing juga memiliki efek hipoglikemik, yaitu dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini karena daun kumis kucing mengandung senyawa glikosida orthosiphonin yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan resistensi insulin. 

BACA JUGA:Baru Tau Khasiat Minum Rebusan Daun Manga, Bisa Atasi Sakit Ginjal dan Diabetes, Berikut Cara Mengolahnya

Insulin adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Jika kadar gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka dapat menyebabkan berbagai masalah seperti diabetes tipe 2 atau hipoglikemia. Dengan mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing secara teratur, Anda dapat mencegah dan mengobati gangguan gula darah.

Itulah beberapa manfaat kumis kucing untuk ginjal dan gula darah. Jika Anda ingin mencoba manfaat-manfaat tersebut, Anda bisa merebus 4-5 lembar daun kumis kucing dengan segelas air hingga mendidih. Air rebusannya bisa diminum 3 kali sehari sebagai obat herbal. Selain itu, Anda juga bisa menghaluskan 50 gram daun kumis kucing dengan 150 ml air dan menyaringnya. Campurkan dengan madu sesuai selera sebagai obat herbal tambahan.*

Kategori :