Ingin Badan Ramping, Ikuti Cara Mudah Diet Diet Pisang

Jumat 05-01-2024,12:00 WIB
Reporter : Anwar
Editor : Ahmad Kartubi

RADARMUKOMUKO.COM - Berat badan berlebih seringkali menjadi masalah bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin tampil lebih percaya diri. 

Namun, menurunkan berat badan tidaklah mudah, apalagi jika harus mengikuti diet ketat yang menyiksa. 

Nah, ada satu cara diet yang mungkin bisa Anda coba, yaitu diet pisang.

Diet pisang atau morning banana diet adalah metode diet yang pertama kali diperkenalkan oleh Sumiko Watanabe, seorang apoteker dari Jepang. 

BACA JUGA:4 Tanda yang Wajib Diketahui Bila Sering Minum Kopi, Efeknya No 2 Detak Jantung Begini

Diet ini pada dasarnya adalah mengonsumsi buah pisang pada pagi hari sebagai menu sarapan, kemudian mengurangi porsi makan pada siang dan malam hari.

Pisang dipilih sebagai bahan utama diet ini karena buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, mencegah tekanan darah tinggi, serta meminimalkan risiko terkena penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Pisang juga merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi kandungan serat. 

Artinya, konsumsi pisang bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan berlebih bisa berkurang.

Lalu, bagaimana cara melakukan diet pisang yang benar? Berikut ini adalah panduannya:

- Makan pisang saat sarapan. 

Anda dianjurkan untuk memulai hari dengan mengonsumsi pisang utuh saat sarapan, kemudian lanjutkan dengan minum segelas air putih. Bila masih juga merasa lapar, Anda dapat mengonsumsi buah lain dalam porsi kecil, tetapi beri jeda 15–30 menit dulu.

- Makan siang dan makan malam secukupnya. 

Sebenarnya tidak ada aturan ketat untuk makan siang dan malam pada metode diet pisang. 

Anda boleh mengonsumsi makanan apa saja yang diinginkan, tetapi jangan berlebihan dan harus berhenti makan sebelum kenyang. Untuk makan malam, sebaiknya lakukan sebelum jam 20.00.

Kategori :