Sosok Hannibal Barca Pemimpin Dunia yang Berani Melintasi Alpen dan Mengalahkan Romawi, Berikut Kebiasaannya

Kamis 14-12-2023,14:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi RM
Editor : Ahmad Kartubi

RADARMUKOMUKO.COM - Hannibal Barca, seorang jenderal dan politisi kota Karta yang memimpin pasukan Karta dalam perang melawan Republik Romawi selama Perang Punicus Kedua, adalah salah satu pemimpin dunia yang paling terkenal dan ditakuti. 

Beliau memiliki banyak kebiasaan yang mencerminkan sifat-sifat mulia dan khusyuknya sebagai pemimpin. Beberapa kebiasaan Hannibal Barca yang bisa dijadikan contoh oleh kita adalah sebagai berikut:

1. Hannibal Barca mengucapkan janji kepada ayahnya untuk "tidak pernah menjadi teman Roma" ketika ia berusia sembilan tahun. Janji ini menunjukkan bahwa beliau memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, serta tidak mau tunduk pada kepentingan asing.

BACA JUGA:Pedas dan Nikmatnya Juara, Resep Oseng-oseng Daging Mercon Ini Bikin Habis Nasi Sebakul

2. Hannibal Barca belajar seni bela diri sejak kecil. Beliau menguasai berbagai macam seni bela diri, seperti pedang, tombak, panah, dan senjata tajam lainnya. Beliau juga mahir dalam memimpin pasukannya dengan baik.

3. Hannibal Barca memiliki strategi perang yang cerdas dan inovatif. Beliau mampu menentukan kekuatan dan kelemahan dirinya sendiri maupun lawannya, serta merencanakan pertempuran sesuai dengan situasi. Salah satu strateginya yang paling terkenal adalah melintasi Alpen dengan menggunakan elefanten perang Afrika Utara untuk menyerbu Italia dari barat.

4. Hannibal Barca sangat peduli dengan keluarganya dan tidak suka melihat mereka menderita. Jika melihat salah seorang dari keluarganya menderita, beliau akan berusaha untuk menyembuhkannya atau memberinya perlindungan². Beliau juga sering memberikan hadiah atau harta kepada orang-orang miskin atau tertindas.

5. Hannibal Barca sangat sabar dalam menghadapi kesulitan dan cobaan. Jika marah saat berdiri maka beliau akan duduk, jika marah saat duduk maka beliau akan berbaring sehingga amarahnya hilang. Beliau juga sering bersabar dalam menunggu waktu yang ditentukan oleh Tuhan untuk menerima atau menolak sesuatu.

6. Hannibal Barca sangat menjaga kebersihan dirinya dan lingkungannya. Beliau tidak duduk di tempat yang gelap sampai dinyalakan lampu. Tapi, jika sudah pagi, melihat lampu tidak beliau sukai. Beliau juga sering membersihkan dirinya dari debu atau kotoran dengan menggunakan air atau sabun.

BACA JUGA:Lada Untuk Mengobati Kantong Mata Bukan Kantong Duit, Atasi Kulit Berminyak dan Bermasalah

7. Hannibal Barca sangat hormat kepada orang tua dan guru-gurunya. Beliau selalu mendengarkan nasihat dan peringatan mereka dengan baik. Beliau juga sering memberikan ucapan terima kasih kepada mereka atas bimbingan dan pengajaran mereka.

8. Hannibal Barca berhasil menjalankan kampanye politiknya setelah Perang Punicus Kedua berakhir. Ia berhasil membayar ganti rugi perang yang ditetapkan oleh Romawi kepada Karta dengan melakukan reformasi politik dan finansial. Namun, reformasi-reformasinya tidak disukai oleh anggota aristokrasi Karta maupun Romawi, sehingga ia harus melarikan diri dari kota.

Hannibal Barca adalah pemimpin dunia yang memiliki banyak kebiasaan baik yang dapat menjadi teladan bagi kita semua. Dengan meneladani kebiasaan-kebiasaan tersebut, kita dapat meningkatkan kualitas diri kita sebagai manusia dan sebagai muslim. Kita juga dapat mendapatkan ridha Allah SWT atas usaha kita untuk menjadi pemimpin dunia yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.*

Kategori :