Polres Mukomuko Uji Coba Budidaya Bawang Merah di Lahan Gambut

Rabu 23-08-2023,18:13 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Polisi Resort (Polres) Mukomuko, Polda Bengkulu pelopori pemanfaatan lahan tidur di lingkungan masyarakat untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. 

Kali ini, Polres Mukomuko akan memanfaatkan lahan gambut di sekitar SMKN I Mukomuko yang belum bermanfaat dan dijadikan lokasi uji coba budidaya tanaman bawang merah. 

Terkait rencana ini disampaikan oleh Kapolres Mukomuko, AKBP Nuswanto, SH., S.Ik, MH pada awak media, Rabu, 23 Agustus 2023. Ia pun menyebutkan, rencana ini terlintas ketika melihat peluang dari persediaan lahan gambut di lingkungan masyarakat banyak yang belum bermanfaat. 

BACA JUGA:Polri Lestarikan Negeri, Polres Mukomuko Tanam Seribu Pohon

‘’Berawal dari melihat peluang, tempat kita ini banyak lahan gambut yang tidak termanfaatkan secara baik,’’ kata Kapolres. 

Optimisme Kapolres dalam mencoba melaksanakan budidaya bawang merah di lahan masyarakat Kabupaten Mukomuko juga diperkuat dengan data dukung lainnya. Termasuk faktor alam dan teknologi. 

Diceritakannya, daerah Mukomuko ini ada kesamaan dengan kondisi alam lingkungan dengan daerah Brebes, Jawa Tengah. Di Brebes, lahan masyarakat sekitar dimanfaatkan sebagai lokasi bercocok tanam bawang merah.  

‘’Dilihat dari ciri-ciri ketinggian dari permukaan laut dan cuaca dan lainnya mirip dengan Brebes. Ada peluang untuk dilaksanakan penanaman bawang. Satu hal yang membedakan adalah mengenai struktur tanahnya, daerah kita Mukomuko lahan gambut,’’ ujarnya.   

BACA JUGA:Kejari Siap Mendampingi Masalah Hukum Bank Bengkulu

‘’Namun dengan berbagai penelitian yang ada sekarang ini, ada peluang pemanfaatan lahan gambut ini untuk menghasilkan tanaman yang bagus. Sebelum kita sampaikan kepada masyarakat secara umum, alangkah baiknya kita laksanakan uji coba penanaman,’’ ulasnya. 

Pelaksanaan program pemanfaatan lahan pekarangan dengan bercocok tanam budidaya bawang merah ini, juga menjalin kerjasama dengan dinas terkait di lingkungan Pemkab Mukomuko.

Dikatakan Kapolres, dalam pelaksanaan program uji coba ini pihaknya tak muluk-muluk. Informasi ini baru akan disebarluaskan kepada masyarakat setelah terbukti menghasilkan. 

‘’Kalau nanti hasilnya bagus, tentu akan kita sampaikan ke masyarakat,’’ tegasnya. 

Lahan gambut yang menjadi sasaran uji coba budidaya bawang merah berlokasi di sekitar SMKN 1 Mukomuko, dengan luas kurang lebih 1 hektare. 

‘’Saat ini lahannya sedang dalam proses persiapan, pembuatan piringan. Kemudian, dilanjutkan dengan persiapan pengolahan sesuai dengan teknologi pengolahan lahan gambut menjadi media siap tanam,’’ demikian Kapolres Mukomuko. *

Kategori :