Puasa Arafah Puasa Sunah yang Sangat di Anjurkan Bagi Umat Islam, Berikut Ini Keutamaannya

Senin 26-06-2023,21:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi RM 2
Editor : Fitriani

RADARMUKOMUKO.COM - Dalam agama islam terdapat 2 hari raya besar yaitu hari raya idul fitri dan hari raya idul adha.

Hari raya idul adha lebih sering di kenal dengan hari raya kurban. Sebelum melaksanakan hari raya kurban terdapat juga puasa yang di lakukan oleh umat islam.

BACA JUGA:Suku Zulu, Wajib Tes Keperawanan Gunakan Buluh, Jika Gagal akan Terancam

Puasa tersebut bernama puasa Arafah yang di lakukan pada tanggal 9 Dzulhijah sehari sebelum pelaksanaan ibadah idul adha.

Puasa arafah memang hukumnya tidak wajib bagi umat muslim, hanya saja sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa tersebut.

Anjuran tersebut di karenakan keutamaan puasa arafah yang luar biasa bagi yang menjalankannya.

Dalam hadits riwayat Muslim di jelaskan bahwa seseorang yang menjalankan puasa arafah maka dosanya akan di ampuni satu tahun sebelumnya dan satu tahun yang akan datang.

" Puasa Arafah dapat menghapus dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." (HR. Muslim)

BACA JUGA:Aparat Tangkap Cewek ABG Germo Sek Bebas di Mukomuko

Pada hari arafah, adanya pelaksanaan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Meskipun memiliki keutamaan yang besar bagi para jemaah haji yang ditanah suci tidak di anjurkan untuk berpuasa.

Hal tersebut karena mereka memiliki kesempatan untuk berdoa sebanyak-banyaknya dan memohon ampunan atas dosa yang di miliki kepada Allah SWT.

Sedangkan yang belum berkesempatan untuk melaksanakan ibadaha suci maka di anjurkan untuk berpuasa yang memiliki keutamaan hampir sama seperti ibadah haji.

Berikut adalah beberapa keutamaan puasa arafah :

1. Penghapus Dosa

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " Puasa Arafah dapat menghapus dosa-dosa setahun yang lalu dan dosa-dosa setahun yang akan datang." (HR. Muslim)

Kategori :