Minum Kopi Terlalu Sering, Ini Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Jumat 02-06-2023,09:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi RM
Editor : Amris

Bahaya minum kopi setiap hari ini sebenarnya jarang terjadi. Namun, jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang dan dengan kadar kafein yang tinggi, risiko ini mungkin muncul.

Studi yang diterbitkan oleh jurnal Human and Experimental Toxicology (2014) menjelaskan konsumsi kopi dengan kadar kafein sangat tinggi setiap hari menyebabkan efek rhabdomyolysis atau kerusakan otot rangka. Kafein diketahui meningkatkan kadar kalsium di dalam sel. Mineral ini berguna untuk memicu kontraksi otot. 

Kontraksi otot berlebihan dan terjadi dalam jangka panjang membuat otot rentan rusak dan mengalami rhabdomyolysis. 

- Meningkatkan pengeroposan tulang

Memang, minum kopi meningkatkan kadar kalsium di dalam sel. Akan tetapi, berbagai penelitian menyatakan bahwa kandungan kafeinnya meningkatkan pengeluaran kalsium melalui urine.

Tentu, hal ini bisa membuat tubuh rentan mengalami kekurangan kalsium, terutama pada lansia. Efeknya, bahaya minum kopi setiap hari pun bisa meningkatkan risiko osteoporosis.

BACA JUGA:10 Jenis Buah-Buahan Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

Meski demikian, ada pula penelitian lain yang mengatakan sebaliknya. Studi lain terbitan The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism (2019) menemukan bahwa kopi menghasilkan senyawa yang mampu meningkatkan kepadatan mineral tulang, salah satunya kalsium.

Oleh karena itu, segera konsultasikan dokter jika Anda ingin rutin minum kopi dan rentan mengalami kekurangan kalsium.

- Menimbulkan ketergantungan kafein

Siapa sangka, kopi juga dapat menyebabkan ketergantungan. Jika Anda terbiasa minum kopi setiap hari, tubuh akan terbiasa dengan adanya kafein. Kafein pada kopi merupakan salah satu senyawa stimulan yang memengaruhi sistem saraf pusat. Sistem saraf pusat berperan penting dalam mengendalikan emosi dan kondisi psikologis.

Jika Anda berhenti minum kopi mendadak, Anda akan mengalami yang namanya efek penarikan kafein atau caffeine withdrawal. 

Saat Anda mengalami kecanduan kafein, Anda akan merasa sakit kepala akibat kopi. Beragam gejala kecanduan kafein lainnya yang bisa dirasakan, yaitu, lelah, kekurangan tenaga, penurunan kewaspadaan, pikiran tak jernih,kantuk, sulit konsentrasi, dan mudah tersinggung serta perubahan mood.*

Kategori :