Mengenal Kasta dalam Sistem Kehidupan Adat Bali

Kamis 01-06-2023,07:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi RM 2
Editor : Tim Redaksi RM 2

2. Satria atau Kstaria

Pada urutan kedua kasta yang memiliki kedudukan tertinggi adalah kasta Satria. Kasta ini terdiri dari para bangsawan dan prajurit.

BACA JUGA:Kesbangpol Rakor Lintas Sektoral, Atur Strategi Pengawasan Ormas di Mukomuko

Kasta ini bertanggung jawab untuk menjaga dan melindungi masyarakat Bali. Biasanya orang-orang yang masuk dalam kasta Bali merupakan keturunan dari para Bangsawan.

Bagi anak perempuan akan di mendapatkan gelar Anak Agung, sedangkan untuk anak laki-laki akan mendapat gelar Dewa Agung dan Tjokorda.

3. Waisya

Kasta ketiga ini diperuntukan untuk kelompok para pedagang, pekerja, petani dan pengrajin.

Kasta ini berperan dalam memberikan kontribusi untuk perekonomian Bali, biasanya kelompok kasta ini masuk dalam kategori ekonomi menengah.

BACA JUGA:7 Universitas Terbaik di Bali, Selain Kuliah Juga Bisa Lihat Surga Dunia

Anak-anak dalam kasta ini memiliki gelar Gusti Bagus, I Gusti Bagus, I Gusti Agung untuk laki-laki dan perempuan memiliki gelar I Gusti Ayu.

4. Sudra

Kasta terakhir dalam kepercayaan agama Hindu adalah Kasta sudra. Kasta ini merupakan kasta terendah yang terdiri dari para buruh dan pekerja kasar.

Dalam kasta sudra anak-anak mereka di beri nama dengan sesuai urutan kelahiran seperti untuk anak pertama di beri nama Wayan, anak kedua Made dan anak ketiga Nyoman."

 

Kategori :