Kelapa Sawit Berpengaruh Besar Untuk Perekonomian, Ini Faktanya

Jumat 26-05-2023,17:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi RM 1
Editor : Tim Redaksi RM 1

RADARMUKOMUKO.COM – Indonesia merupakan negara agraris yang termasuk dalam penyumbang tertinggi sektor perekonomian di Indonesia.

Perkebunan merupakan salah satu pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan pembangunan perekonomian negara terutama dalam hal ini adalah perkebunan kelapa sawit.

Perkebunan kelapa sawit merupakan sektor pertanian terbaik dalam meningkatkan devisa Indonesia.

BACA JUGA:Luar Biasa! Ini Manfaat dan Kegunaan Dari Cangkang sawit

Hal tersebut berdasarkan pada data yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Perkebnunan. Dari tujuh sekotr yang dijadikan sebagai ekspor unggulan, kelapa sawit memperoleh nilai ekspor yang tinggi mencapai 17,60 miliar dolar Amerika Serikat.

Adanya ekspor minyak sawit tertinggi tersebut diperoleh Indonesia  mulai tahun 2012 di mana pada tahun itu merupakan nilai tertinggi yang pernah diperoleh oleh Indonesia di sektor perkebunan minyak sawit.

Sedangkan di tahun sebelumnya, Indonesia menduduki nomor urut pertama dalam ekspor minyak sawit dengan nilai 17,23 miliar dolar Amerika.

Selain itu, Kelapa Sawit yang dapat menghasilkan minyak sawit mentah merupakan satu favorit untuk komoditi sekotr Indonesia.

Maka dari itu, perkebunan minyak sawit memiliki peran yang sangat penting karena perkebunan kelapa sawit merupakan minyak sawit sehingga pasokan yang terus berlanjut tersebut ikut dalam menjaga kestabilan.

BACA JUGA:Bukan Hanya CPO, Sawit Juga Hasilkan Produk Bernilai Tinggi Ini

Ditambah lagi, minyak sawit sudah dijadikan sebagai salah satu bahan pokok kebutuhan di mana minyak goreng merupakan salah satu komoditas dalam sembilan bahan pokok.

Minyak sawit juga banyak digunakan oleh masyarakat sehingga harga dari minyak sawit tersebut harus terjangkau oleh masyarakat.*

Kategori :