HUT Kabupaten MM Akan Disamakan Dengan Kaur dan Seluma, Mundur 3 Bulan

Selasa 23-05-2023,05:00 WIB
Reporter : Amris
Editor : Amris

RADARMUKOMUKO.COM – Setiap tahun selalu didebatkan terkait dengan tanggal pelaksanaan HUT Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Alasannya Mukomuko ditetapkan serentak dengan Seluma dan Kaur, namun HUT berbeda waktunya.

Diketahui, peringatakan Hari Jadi Kabupaten Mukomuko, diperingati etiap bulan februari atau puncaknya 25 Februari. 

BACA JUGA:Gibran Diberi Peringatan Oleh PDIP, Usai Bersama Bakal Capres Prabowo

Mulai tahun depan akan dirobah, saat ini Perda Nomor 3 Tahun 2008 yang menetapkan hari jadi Kabupaten Mukomuko pada tanggal 25 Februari, sedang dilakukan perubahan.

Jika perubahan Perda Mukomuko Nomor 3 Tahun 2008 ini disetujui oleh DPRD Mukomuko, maka HUT kabupaten mulai tahun depan akan diperingati pada bulan mei, puncak acaranya 23 mei. 

Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA menjelaskan peninjauan kembali Perda tentang penetapan hari jadi Kabupaten Mukomuko ini atas aspirasi para tokoh pemekaran Kabupaten Mukomuko yang diusulkan langsung kepada DPRD Mukomuko. 

Atas dasar itu, kata Sapuan, Pemkab dan DPRD Mukomuko memberikan ruang untuk meninjau kembali tanggal yang ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Mukomuko. 

"Dasar kita membahas kembali penetapan hari jadi ini atas usulan para tokoh pemekaran Kabupaten. Kita buka ruang itu," kata Sapuan.

BACA JUGA:Kalian Suka Liburan Namun dengan Keuangan yang Pas-pasan??? Berikut ini Tips dan Trik Liburan Smart

Dijelaskannya, Kabupaten Mukomuko dibentuk melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2023 bersama dua kabupaten lain yakni Kabupaten Seluma dan Kabupaten Kaur. 

Mukomuko, pada 2008 memilih waktu saat undang-undang tersebut diketuk palu oleh DPR RI yakni 25 Februari sebagai hari jadi. 

Sementara, dua kabupaten lain menetapkan hari jadi daerah mereka pada 23 Mei bertepatan pada saat dilantiknya carateker Bupati di daerah masing-masing.  

Meski dibentuk berdasarkan Undang-undang yang sama, pelaksanaan hari jadi Kabupaten Mukomuko berbeda dengan hari jadi Kabupaten Kaur dan Seluma. 

"Kita (Mukomuko) memilih pada saat Undang-undang diketuk palu yaitu tanggal 25 Februari 2023. Seluma dan Kaur memilih 23 Mei karena tanggal 23 Mei 2023, ditetapkan pemerintahan di 3 daerah otonom baru yang tidak lain Mukomuko, Seluma, dan Kaur. Sehingga perayaan HUT Mukomuko dengan Seluma dan Kaur tidak seragam," papar Sapuan. 

BACA JUGA:Masyarakat Labuan Bajo Terkena Dampak Positif Di Bidang Perekonomian dengan Penyelenggaraan KTT ASEAN 2023

Kategori :