Daftar Universitas Terbaik 2023 dan Tips Memilih Kampus dan Jurusan Agar Tak Menyesal

Sabtu 06-05-2023,09:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi RM
Editor : Amris

 

5. Pertimbangan Lokasi

Lokasi memang salah satu unsur penting yang sering menjadi bahan pertimbangan memilih universitas yang pas. Pasalnya, lokasi akan mempengaruhi biaya hidup serta kenyamanan Kamu selama menjalani program belajar.

 

6. Fasilitas Universitas

Fasilitas apa saja yang tersedia di universitas yang Kamu pilih? Kenali lebih detail kampus pilihanmu agar tidak menyesal kemudian hari. Fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai akan mempengaruhi kualitas dirimu. Setidaknya prospek pendidikan kedepan menjadi lebih terarah dan terjamin.

 

7. Biaya Kuliah

Kamu ingin sekali kuliah di kampus A namun terhalang biaya yang cukup besar atau biaya kuliah di kampus B lebih murah dibanding kampus C. Ya, biaya kuliah juga hal penting yang wajib dicermati. Apalagi jika Kamu musik kuliah melalui jalur reguler bukan beasiswa tertentu.

 

8. Daya Tampung

Daya tampung sebuah universitas ternama tentu sangat terbatas sehingga Kamu harus mempertimbangkan peluang diterima. Beberapa jalur yang diberikan mungkin bisa dipertimbangkan. Namun sebaiknya tetap menyesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Jangan terlalu memaksa.

 

9. Konsultasi Dengan Orang Terdekat

Kamu bisa membicarakan pilihan pendidikan tinggi yang baik dengan orang terpercaya seperti orangtua, teman atau orang yang lebih berpengalaman. Konsultasi tentu akan memberikan pertimbangan dari sisi positif dan negatif.

 

Kategori :